Kamis 23 Nov 2023 01:43 WIB

OpenAI Tunjuk Bos Baru Setelah Sam Altman Gabung dengan Microsoft

Microsoft dengan cepat menarik beberapa nama besar yang meninggalkan OpenAI.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
OpenAI telah menunjuk sosok yang akan menggantikan Sam Altman untuk sementara waktu setelah Altman dipecat oleh dewan direksi. Mantan bos Twitch Emmett Shear akan menggantikan posisi Altman.
Foto: EPA-EFE/JIM LO SCALZO
OpenAI telah menunjuk sosok yang akan menggantikan Sam Altman untuk sementara waktu setelah Altman dipecat oleh dewan direksi. Mantan bos Twitch Emmett Shear akan menggantikan posisi Altman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- OpenAI telah menunjuk sosok yang akan menggantikan Sam Altman untuk sementara waktu setelah Altman dipecat oleh dewan direksi. Mantan bos Twitch Emmett Shear akan menggantikan posisi Altman.

Penunjukan yang diselesaikan pada Ahad malam mengakhiri spekulasi bahwa Altman akan kembali ke OpenAI. Pada Senin, lebih dari 700 karyawan OpenAI mengancam akan berhenti dalam sebuah surat yang menuntut pengunduran diri dewan dan pengangkatan kembali Altman serta mantan Presiden Greg Brockman. 

Baca Juga

Dokumen tersebut ditandatangani oleh karyawan termasuk kepala ilmuwan OpenAI Ilya Sutskever, anggota dewan yang memecat Altman.

"Saya sangat menyesali partisipasi saya dalam tindakan dewan. Saya tidak pernah bermaksud merugikan OpenAI. Saya menyukai semua yang telah kami bangun bersama dan saya akan melakukan semua yang saya bisa untuk menyatukan kembali perusahaan," kata Sutskever dalam postingan di platform media sosial X.

Beberapa jam kemudian, Altman dan CEO Microsoft Satya Nadella berusaha menghilangkan ketakutan akan keruntuhan OpenAI. Altman menulis di X bahwa prioritas utamanya tetap memastikan OpenAI terus berkembang dan berkomitmen sepenuhnya memastikan kelangsungan operasi. Sementara itu, Nadella mengatakan terbuka untuk menampung staf OpenAI yang akan pindah ke Microsoft. 

Microsoft dengan cepat menarik beberapa nama besar yang meninggalkan OpenAI, termasuk salah satu pendirinya Brockman agar tidak diincar oleh perusahaan teknologi besar seperti Alphabet dan Amazon.

Di saat yang sama, bos OpenAI yang baru ditunjuk bergerak cepat untuk menepis spekulasi bahwa dewannya memecat Altman karena perselisihan mengenai keamanan model AI. Shear berjanji untuk membuka penyelidikan atas pemecatan tersebut, mempertimbangkan tata kelola baru untuk OpenAI, dan melanjutkan tugasnya dalam menyediakan teknologi seperti chatbot viral.

“Saya tidak cukup gila mengambil pekerjaan ini tanpa dukungan dewan untuk mengkomersialkan model-model mengagumkan ini," ucapnya.

Dikutip dari Reuters, Rabu (22/11/2023), OpenAI memecat Altman pada Jumat setelah gangguan komunikasi menurut memo internal bocor. Dalam surat yang menyerukan pengunduran diri dewan direksi, karyawan juga menuntut penunjukan dua direktur independen baru, seperti mantan CEO Salesforce Bret Taylor.

“Tindakan Anda menunjukkan bahwa Anda tidak mampu mengawasi OpenAI. Microsoft telah meyakinkan kami terdapat posisi untuk seluruh karyawan OpenAI di anak perusahaan baru jika kami memilih untuk bergabung,” kata mereka. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement