Kamis 23 Nov 2023 09:49 WIB

Sosok Perempuan yang Dinikahkan Allah SWT Langsung dari Langit Ketujuh  

Zainab binti Jahsy dipersunting Rasulullah SAW melalui wahyu

Rep: Rossi Handayani / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Zainab binti Jahsy. Zainab binti Jahsy dipersunting Rasulullah SAW melalui wahyu
Foto: Pixabay
Ilustrasi Zainab binti Jahsy. Zainab binti Jahsy dipersunting Rasulullah SAW melalui wahyu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Nama aslinya adalah Barrah. Namun, kemudian diganti namanya menjadi Zainab oleh Rasulullah ﷺ. Shahabiyah (sahabat perempuan) satu ini dilahirkan di kota Makkah, 33 tahun sebelum Nabi ﷺ menerima wahyu. 

Seperti dikutip dari buku The Wonderful Ummahatul Mukminim oleh Erlan Iskandar, Zainab binti Jahsy masuk Islam karena diajak oleh saudara kandungnya sendiri, yaitu Abdullah bin Jahsy, yang merupakan salah seorang seorang sahabat yang syahid pada perang Uhud.

Baca Juga

Ibunya Zainab binti Jahsy bernama Umaimah binti Abdul Muththalib adalah bibinya Nabi. Itu artinya Zainab binti Jahsy juga merupakan saudara sepupu Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.  

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memiliki anak angkat yang bernama Zaid bin Haritsah. Karena telah cukup usia, Nabi mencarikan seorang yang pantas dinikahi oleh anak angkatnya ini. Beliau temui Zainab binti Jahsy, kemudian menawarkan pilihan supaya Zainab mau menikah dengan Zaid bin Haritsah. Zainab lantas menolak tawaran Nabi ﷺ. Zainab pun berkata, “Aku tidak tertarik menikah dengannya.”   

Rasulullah ﷺ kemudian secara tegas menyuruh Zainab untuk tetap mau menikah dengan Zaid bin Haritsah, “Hendaknya engkau menikah dengannya.” 

Baca juga: Syekh Isa, Relawan Daarul Quran di Gaza Syahid Sekeluarga dan Kisah Putri Dambaannya

Mendengar ucapan Rasulullah tersebut, Zainab lantas bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah Anda benar-benar yang memerintahkanku?” Saat Nabi ﷺ dan Zainab tengah berbincang, Allah Ta'ala menurunkan firman-Nya: 

وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَّلَا مُؤْمِنَةٍ اِذَا قَضَى اللّٰهُ وَرَسُوْلُهٗٓ اَمْرًا اَنْ يَّكُوْنَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ اَمْرِهِمْ ۗوَمَنْ يَّعْصِ اللّٰهَ وَرَسُوْلَهٗ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا مُّبِيْنًاۗ 

“Dan tidaklah patut bagi laki laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata.” (QS Al Ahzab ayat 36)  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement