Kamis 23 Nov 2023 19:19 WIB

Perempuan Cantik atau Pria Ganteng yang Lebih Sukses Berkarier? Ternyata, Ini Jawabannya

Pria justru mendapat manfaat lebih besar jika memiliki daya tarik fisik.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pria tampaknya mendapat keuntungan lebih banyak jika orang menganggap mereka menawan, terutama untuk peningkatan kariernya   (ilustrasi)
Foto: kolombloggratis.blogspot.com
Pria tampaknya mendapat keuntungan lebih banyak jika orang menganggap mereka menawan, terutama untuk peningkatan kariernya (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —Perempuan hanya bisa sukses di dunia kerja jika mereka berpenampilan menawan. Benarkah anggapan tersebut? Rupanya, sebuah penelitian dari Akademi Ilmu Pengetahuan Polandia, menggugurkan anggapan tersebut.

Studi ini menyatakan bahwa laki-laki mendapat manfaat lebih besar jika memiliki daya tarik fisik, entah itu di sekolah atau pun tempat kerja, dibandingkan perempuan.  

Baca Juga

Para peneliti memeriksa data lebih dari 11 ribu orang Amerika selama 20 tahun dari masa remaja hingga dewasa. Termasuk penilaian penampilan mereka, informasi tentang pencapaian pendidikan dan karier, serta pendapatan mereka.

Mereka menemukan bahwa orang-orang yang dinilai lebih menawan pada usia 15 tahun, cenderung melampaui pencapaian orang tua mereka dalam hal pendapatan dan prestasi, ketika mereka berusia 30-an.