Kamis 23 Nov 2023 18:40 WIB

Cegah Meluasnya Perang, Iran Berharap Gencatan Senjata Hamas-Israel Diperpanjang

Jika gencatan senjata tidak diperpanjang, perang berpotensi meluas ke kawasan

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian berharap kesepakatan gencatan senjata antara Hamas dan Israel dapat diperpanjang
Foto: EPA-EFE/YURI KOCHETKOV
Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian berharap kesepakatan gencatan senjata antara Hamas dan Israel dapat diperpanjang

REPUBLIKA.CO.ID,  TEHERAN – Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian berharap kesepakatan gencatan senjata antara Hamas dan Israel dapat diperpanjang. Sebab jika tidak, perang di Jalur Gaza tetap berpotensi meluas ke kawasan.

“Jika gencatan senjata ini dimulai besok, jika tidak dilanjutkan, kondisi di kawasan tidak akan sama seperti sebelum gencatan senjata, dan cakupan perang akan meluas,” kata Amirabdollahian ketika diwawancara stasiun televisi Al-Mayadeen di Beirut, Lebanon, Rabu (22/11/2023).

Baca Juga

“Kami tidak berupaya memperluas cakupan perang. Jika intensitas perang meningkat, setiap kemungkinan akan memperluas cakupan perang,” tambah Amirabdollahian.

Dalam lawatannya ke Beirut, Amirabdollahian sempat melakukan pertemuan dengan Sekretaris Jenderal Jihad Islam Ziyad Nakhaleh dan Wakil Ketua Hamas Khalil Al-Hayya. Mereka bertemu beberapa jam setelah kesepakatan gencatan senjata kemanusiaan antara Hamas dan Israel diumumkan.