Jumat 24 Nov 2023 00:22 WIB

Penyebab Pendukung PDIP Pindah ke Prabowo-Gibran Menurut Polling Institute

Menurut survei Polling Institute sebagian pendukung PDIP pindah ke Prabowo-Gibran.

Red: Andri Saubani
Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming
Foto: Republika
Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim menyebutkan ada perpecahan dukungan di PDI Perjuangan pada Pilpres 2024. Penyebabnya, sebagian pendukung Joko Widodo beralih ke kubu pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Seperti diketahui bahwa Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan bersama Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) usung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Baca Juga

"Ini analisis kami ada sebagian pemilih PDI Perjuangan pendukung Pak Jokowi yang sudah bocor ke kubu pendukung Prabowo-Gibran," kata Kennedy dalam siaran langsung YouTube bertajuk Dinamika Elektoral Terkini, Mungkinkah Pilpres Satu Putaran? di Jakarta, Kamis (23/11/2023).

Berdasarkan hasil penelitian, lanjut Kennedy, simpatisan PDI Perjuangan selalu konsisten di atas 70 persen pada survei sebelumnya. Namun, kehadiran Gibran dalam panggung Pilpres 2024 membuat suara dukungan kepada pasangan Ganjar-Mahfud berkurang.