Jumat 24 Nov 2023 18:23 WIB

Google Siapkan Teknologi AI untuk Chrome

Google dilaporkan sedang mengerjakan bagian pengaturan AI baru untuk Chrome.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Google telah menambahkan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI) ke beberapa produk dan layanannya. Raksasa teknologi itu kini berencana mengintegrasikan Chrome dengan AI.
Foto: mashable
Google telah menambahkan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI) ke beberapa produk dan layanannya. Raksasa teknologi itu kini berencana mengintegrasikan Chrome dengan AI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Google telah menambahkan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI) ke beberapa produk dan layanannya. Raksasa teknologi itu kini berencana mengintegrasikan Chrome dengan AI. 

Dilansir Gadgets Now, Jumat (24/11/2023), Google dilaporkan sedang mengerjakan bagian pengaturan AI baru untuk browser web populernya, Chrome. Setelah terbaru akan bertanggung jawab atas alat pengorganisasian tab otomatis Chrome dan bantuan pengisian otomatis baru. 

Baca Juga

Dalam unggahan di platform media sosial X, seorang pengguna bernama Leopeva 64 mengklaim bahwa panel pengaturan baru sedang dalam pengembangan. Menu pengaturan ini hanya tersedia untuk penguji terpilih dan untuk mengaksesnya pengguna harus melalui beberapa tanda pengembang yang tersembunyi. 

Unggahan tersebut juga mencatat bahwa bagian Pengaturan AI baru disebut Advanced. Selain itu, URL-nya chrome:// settings/ai juga memperjelas bahwa pengaturan tersebut terkait dengan AI. Postingan X juga menyertakan video yang menunjukkan bahwa bagian pengaturan baru masih dalam pengembangan dan masih jauh dari selesai. 

Bagaimana dengan cara kerja panel pengaturan AI baru Google Chrome? Fitur organisasi tab akan menjadi bagian dari panel pengaturan yang sedang diuji Google. Sebelumnya, fitur ini terlihat sedang dikembangkan sebagai bagian dari antarmuka chevron tab Search 

Setelah fitur ini tersedia, pengguna Chrome seharusnya melihat tombol “atur tab” setelah mereka membuka sejumlah tab. Tombol tersebut diharapkan muncul secara otomatis di bagian pengaturan. Ini akan membantu pengguna dengan mengurutkan tab mereka secara otomatis. 

Laporan sebelumnya tidak menjelaskan apakah fitur ini didukung AI atau tidak. Namun, jika ini merupakan bagian dari pengaturan AI, diharapkan akan didukung oleh beberapa algoritma pembelajaran mesin. 

Video yang dibagikan dengan postingan tersebut juga menunjukkan bahwa akan ada satu tombol bertuliskan “Show additional settings”. Saat diaktifkan, ini juga akan menampilkan tombol “Autofill helper” lainnya. 

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna saat ini perlu memulai ulang browser setelah mengaktifkan tombol ini. Postingan tersebut tidak mengungkapkan apa yang dilakukan fitur pembantu isi otomatis, tetapi menyebutkan bahwa fitur tersebut awalnya dikenal sebagai “Compose".

Selain Chrome, Google saat ini sedang berupaya mengintegrasikan AI di berbagai produk. Saingan perusahaan ChatGPT, Google Bard, kini tersedia untuk pengguna akhir. Google juga telah memperkenalkan beberapa alat foto AI. Ini termasuk Magic Eraser dan Magic Eraser di Google Photos. Alat-alat ini dapat membantu pengguna untuk menghapus dan mengisi area foto dan bahkan mengubah keseluruhan komposisi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement