Jumat 24 Nov 2023 10:04 WIB

Lima Cara untuk Maksimalkan Konten Video dengan Fitur Live Stream

Live streaming banyak digunakan untuk memperkenalkan produk dan bangun komunikasi.

Red: Friska Yolandha
Ilustrasi live streaming. SnackVideo memberikan tips Maksimalkan Konten live streaming.
Foto: AP Photo/Tatan Syuflana
Ilustrasi live streaming. SnackVideo memberikan tips Maksimalkan Konten live streaming.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fitur siaran langsung atau live streaming kini banyak digunakan pengguna media sosial, khususnya pelaku usaha untuk memasarkan produknya. Banyak usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) yang telah memanfaatkan media sosial sebagai saluran promosi dan meningkatkan brand awareness

Tak hanya untuk meningkatkan kunjungan konsumen secara online, fitur live stream ini juga dapat digunakan oleh para pelaku bisnis untuk membangun komunikasi dengan konsumen dan konsumen potensial melalui fitur live chat-nya. Head of Marketing SnackVideo Indonesia Dina Bhirawa memberikan tips agar pelaku usaha dapat memaksimalkan fitur live stream mereka untuk menjangkau penonton. 

Baca Juga

Live streaming merupakan salah satu fitur yang dapat digunakan oleh UMKM untuk memperkenalkan produk dan membangun komunikasi dengan para konsumen, bahkan untuk mendorong terjadinya penjualan," katanya dalam siaran pers, Jumat (24/11/2023).

Saat mempersiapkan live streaming, UMKM harus memperhatikan hal-hal berikut.

Pertama, tentukan jenis konten yang ingin dilakukan. Jenisnya bisa berupa chit chat atau obrolan, langkah-langkah penggunaan produk (misal untuk produk beauty), games and challenge, mukbang (untuk produk food and beverages), menari, atau bernyanyi. Jika live streaming untuk mempromosikan produk, sertakan juga informasi pembelian produk yang bisa dipilih oleh penonton.

Kedua, pilih waktu yang tepat untuk melakukan live streaming sesuai demografi dari pengguna yang menjadi sasaran. Informasikan terlebih dahulu jadwal live streaming serta host yang akan memandu acara agar tidak terlewat.

Ketiga, pilih host yang tepat. Pilih host yang terlihat menarik dengan pakaian yang terlihat sopan dan rapi, rambut ditata dengan rapi, serta mengaplikasikan riasan untuk host perempuan. Hindari penampilan pembawa acara yang seksi dan vulgar.

Keempat, host wajib bersikap ramah dan bersahabat dengan para penontonnya. Jangan lupa untuk mengucapkan salam dan menyapa penonton, terutama penonton yang sudah rutin menonton live streaming. Lakukan interaksi dengan membaca dan merespons komen-komen dari penonton, terutama yang berkaitan dengan informasi produk. 

"Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih jika ada penonton yang memberikan gift," katanya.

Kelima, jangan lupa persiapkan setting dan perlengkapan. Live streaming sebaiknya dilakukan di ruangan yang tenang sehingga host merasa nyaman dalam bekerja. Pastikan perlengkapan berfungsi dengan baik. Atur jarak duduk host serta pencahayaannya sehingga wajah host bisa terlihat dengan jelas tapi tidak memenuhi layar ponsel.

Mencermati tren yang sedang berlangsung di kalangan masyarakat merupakan langkah penting yang harus diambil oleh para pelaku UMKM. Terutama dalam implementasi digitalisasi bisnis dan pemanfaatan media sosial sebagai saluran promosi. Memahami cara-cara yang benar dalam melaksanakan live streaming juga diperlukan agar informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh target konsumen.

"SnackVideo akan terus mendukung kemajuan UMKM di Indonesia dengan berbagi informasi berupa tips and tricks menarik yang dapat diimplementasikan oleh para UMKM dan content creator untuk mengembangkan konten di akun mereka," kata Dina.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement