Ahad 26 Nov 2023 06:43 WIB

Gol Tunggal Havertz Bawa Arsenal ke Puncak Klasemen Liga Primer Inggris

Arsenal unggul satu poin atas Manchester City di puncak.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Penyerang Arsenal Kai Havertz (kiri) merayakan gol ke gawang Brentford dalam lanjutan Liga Primer Inggris.
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Penyerang Arsenal Kai Havertz (kiri) merayakan gol ke gawang Brentford dalam lanjutan Liga Primer Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Arsenal naik ke puncak klasemen Liga Primer Inggris setelah gol di menit-menit akhir dari Kai Havertz membawa mereka meraih kemenangan 1-0 atas Brentford di Stadion Gtech Community, Brentford, Ahad (26/11/2023) dini hari WIB. The Gunners terbantu hasil imbang laga Manchester City vs Liverpool yang berakhir beberapa jam sebelumnya.

Penjaga gawang Arsenal Aaron Ramsdale yang menjadi starter melakukan kesalahan besar pada babak pertama. Tim tamu juga mencetak gol lewat Leandro Trossard, tapi dianulir karena offside.

Baca Juga

Pertandingan terlihat akan berakhir imbang namun Havertz, yang masuk sebagai pemain pengganti, akhirnya memecah kebuntuan dengan sundulan jarak dekat di menit ke-89. Arsenal naik ke peringkat pertama dengan 30 poin dari 13 pertandingan, unggul satu poin dari City dan dua poin dari Liverpool.

Ramsdale tidak pernah tampil untuk Arsenal di Liga Primer Inggris sejak September, setelah tempatnya digusur David Raya yang didatangkan dengan status pinjaman dari Brentford pada musim panas.

Kemunculannya kembali hampir dimulai dengan awal yang lebih buruk ketika ia ragu-ragu dengan bola di daerahnya dan kemudian terpeleset. Bola akhirnya sampai ke penyerang Brentford, Bryan Mbeumo, yang tendangannya dihalau keluar garis gawang oleh Declan Rice.

Di sisi lain, Gabriel Jesus, yang juga kembali ke dalam susunan pemain inti setelah mengalami cedera, memaksa penjaga gawang Brentford, Mark Flekken, untuk melakukan penyelamatan gemilang dengan tendangan yang berubah arag.

Arsenal mengira mereka telah memimpin pada menit ke-41 saat umpan lambung luar biasa dari Bukayo Saka ke dalam kotak penalti disambut oleh Jesus. Flekken hanya bisa menangkis bola ke udara, tapi Trossard dengan sigap menyambar bola muntah. Sayangnya, selebrasinya diruntuhkan VAR yang menunjukkan bahwa ia berada sedikit di depan Jesus sebelum mencetak gol.

Brentford terlihat berbahaya setelah jeda dengan tendangan Mbeumo yang melenceng dari sasaran dan kemudian tendangan Neal Maupay yang diblok di garis gawang oleh Oleksandr Zinchenko.

Arsenal terus berusaha dan Saka membuka pertahanan Brentford dengan sebuah bola luar biasa ke dalam kotak penalti. Havertz berhasil menyambut bola untuk menyundul bola ke dalam gawang yang menganga.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement