Ahad 26 Nov 2023 15:01 WIB

Pioli Nilai Milan Buat Kemajuan Saat Taklukkan Fiorentina

Milan sebelumnya tak pernah menang dalam empat laga beruntun di Serie A.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
AC Milan
Foto: AP Photo/Spada
AC Milan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Stefano Pioli melihat kemajuan performa AC Milan dalam kemenangan 1-0 atas Fiorentina di Serie A, Ahad (26/11/2023) dini hari WIB, meskipun itu bukanlah penampilan yang paling menggembirakan. Dalam kesempatan serupa, ia bercanda bisa saja menjadi kakek dari Francesco Camarda, pemain yang mencatatkan rekor debutan termuda di Serie A.

Rossoneri belum pernah meraih kemenangan dalam empat laga beruntun di Serie A. Jadi Milan sangat membutuhkan poin sempurna untuk kembali ke jalur yang benar dan mempertahankan peringkat tiga, khususnya setelah Napoli mengalahkan Atalanta.

Baca Juga

Penalti Theo Hernandez menjadi penentu kemenangan, saat ia dijatuhkan oleh Fabiano Parisi. Di sisi lain, Mike Maignan juga berkontribusi besar dalam kemenangan Milan setelah melakukan penyelamatan sensasional dengan wajahnya untuk menepis tendangan Rolando Mandragora pada menit-menit akhir.

"Wajar jika penampilan kami bukan yang paling tajam, bukan yang paling berkualitas. Kami memiliki babak pertama yang baik, kemudian secara mental itu tidak bisa menjadi penampilan terbaik kami. Namun kami membuat kemajuan di sana dengan menderita, bertahan dan membawa pulang poin," kata Pioli kepada Sky Sport Italia.

"Kami tahu bahwa kami selalu tertahan atau kalah di babak kedua pada laga-laga sebelumnya. Kemenangan ini harus memberikan kami kepercayaan diri dan keyakinan yang lebih besar ke depannya," ujar Pioli.

Sang pelatih tidak setuju dengan pendapat yang mengatakan bahwa Milan telah kehilangan identitas mereka atau perlu mengubah pendekatan sepenuhnya.

"Mentalitas membuat perbedaan. Atmosfer di stadion juga tidak sama seperti biasanya. Saya pikir kami memiliki pendekatan yang tepat untuk bangkit dari momen sulit ini dan mempersiapkan diri untuk laga berikutnya yang akan menentukan ambisi kami di Liga Champions," ungkapnya.

Ia yakin, ketika Milan mendapatkan hasil yang sedikit lebih konsisten, mereka dapat kembali memainkan gaya sepak bola yang indah. "Ada saat-saat di mana Anda harus melakukan hal-hal seperti ini," katanya berdalih soal permainan Milan yang sedikit pragmatis dan pemilihan pemain yang diturunkan.

Milan mungkin lebih bertahan dari biasanya, bermain lebih dalam dan mengundang Fiorentina untuk menyerang, karena mereka tahu bahwa Viola memiliki masalah serius dalam mengonversi tekanan mereka menjadi gol.

"Fiorentina hampir tidak pernah menekan para bek sayap mereka seperti yang kami harapkan di babak pertama. Pada babak kedua, kami tidak berniat untuk bermain lebih dalam, namun kami dipaksa untuk melakukan hal tersebut karena mereka memainkan bola-bola panjang ke depan. Itu bukan pendekatan umum kami, tetapi kami telah membuktikannya saat melawan PSG bahwa kami tahu bagaimana caranya untuk bertahan," kata dia.

Yang menjadi perhatian Pioli adalah Milan mengambil risiko dalam situasi bola mati dan hal tersebut dibayar mahal. Menurut dia, Rossoneri harus memperbaiki hal tersebut.

Milan akan kembali ke San Siro pada Rabu (29/11/2023) dini hari WIB untuk menjamu Borussia Dortmund dalam laga perebutan tempat di babak gugur. Ini menyebabkan fokus Pioli terbagi.

"Kemenangan atas PSG telah meningkatkan peluang kami dan kemenangan melawan Dortmund akan membuat perbedaan besar. Para pemain tahu performa seperti apa yang mereka butuhkan malam itu, jadi di satu sisi, hal itu membuat pekerjaan saya lebih mudah," jelasnya.

Milan mencetak sejarah, saat Pioli memberikan Francesco Camarda debut pada usia 15 tahun dan 260 hari. Ia menjadi pemain termuda yang merumput di Serie A.

Camarda beruntung karena Olivier Giroud terkena skorsing, sementara Rafael Leao dan Noah Okafor cedera. Hanya Luka Jovic yang tersisa. Ia kembali tampil mengecewakan sehingga memaksa Pioli memasukkan Camarda menggantikan Jovic.

"Francesco adalah anak yang baik, dia bekerja dengan baik dan kami juga membutuhkan kesegarannya. Ia masih sangat muda, tetapi juga sangat dewasa. Kami semua sangat senang untuknya. Saya bisa saja menjadi kakeknya," ujar Pioli.

 

Klasemen Serie A Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِعْلَمُوْٓا اَنَّمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَّلَهْوٌ وَّزِيْنَةٌ وَّتَفَاخُرٌۢ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِى الْاَمْوَالِ وَالْاَوْلَادِۗ كَمَثَلِ غَيْثٍ اَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهٗ ثُمَّ يَهِيْجُ فَتَرٰىهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُوْنُ حُطَامًاۗ وَفِى الْاٰخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيْدٌۙ وَّمَغْفِرَةٌ مِّنَ اللّٰهِ وَرِضْوَانٌ ۗوَمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَآ اِلَّا مَتَاعُ الْغُرُوْرِ
Ketahuilah, sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan sendagurauan, perhiasan dan saling berbangga di antara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian (tanaman) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridaan-Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu.

(QS. Al-Hadid ayat 20)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement