Ahad 26 Nov 2023 15:32 WIB

Lagi, Penumpang Berusaha Buka Pintu Darurat Pesawat Saat Penerbangan ke Korea Selatan

Penumpang perempuan itu diketahui mengonsumsi zat ilegal.

Rep: Desy Susilawati / Red: Friska Yolandha
Korean Air. Seorang penumpang berusaha membuka pintu darurat pesawat.
Foto: Wikimedia
Korean Air. Seorang penumpang berusaha membuka pintu darurat pesawat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam sebuah insiden yang mengejutkan, seorang wanita berusia 26 tahun ditahan oleh polisi setelah dia berusaha membuka pintu darurat penerbangan Korean Air dalam perjalanan dari New York ke Incheon. Penangkapan terjadi di Bandara Internasional Incheon Kamis dini hari setelah penerbangan mendarat.

Dilaporkan laman Koreaboo, Ahad (23/11/2023), pihak berwenang melaporkan bahwa wanita tersebut, yang telah berada di New York selama lebih dari enam bulan, menunjukkan tanda-tanda kecemasan yang parah sekitar sepuluh jam setelah penerbangan dan berulang kali mencoba membuka pintu darurat sebelum dihentikan oleh kru.

Baca Juga

Korps Polisi Bandara Internasional Incheon menahan wanita tersebut, di mana dia menjalani tes narkoba dan hasilnya positif mengandung zat ilegal. Polisi belum mengungkapkan identitasnya, tapi memastikan bahwa dia tidak memiliki riwayat penyakit mental. Setelah kejadian tersebut, polisi meminta bantuan dari Badan Forensik Nasional untuk memastikan jenis dan jumlah spesifik obat-obatan yang terlibat.

Sayangnya, insiden ini bukanlah satu-satunya insiden dalam sejarah penerbangan Korea Selatan pada tahun 2023. Ini menandai kasus ketiga yang dialami negara ini pada tahun ini, sehingga menyoroti tren pelanggaran keamanan dalam penerbangan yang meresahkan.