Selasa 28 Nov 2023 20:31 WIB

Sara Fajira Menggali Makna Cinta di Album Tresna

Sara hadirkan unsur musik pentatonik tradisional pada sembilan lagu di album Tresna.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Musisi Sara Fajira merilis album penuh berjudul Tresna.
Foto: Dok Sara Fajira
Musisi Sara Fajira merilis album penuh berjudul Tresna.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Sara Fajira telah merilis album penuh berjudul Tresna. Dalam bahasa Jawa, "tresna" berarti "cinta". Menurut Sara, kata itu terdengar mudah diucapkan oleh banyak orang, namun nyatanya sangat sakral, rumit, dan berbelit dalam perbuatan. 

Sara ingin menggali makna cinta dan sifat-sifat turunannya, coba menakar sisi terang dan sisi gelap dari "tresna". Bagaimanapun, cinta bisa membuat seseorang mau melakukan apa pun, bahkan menghalalkan segala cara, untuk mendapatkan yang ia cintai. 

Baca Juga

"Tresna yang membuat seseorang tak peduli akan apa yang akan ia dapatkan di ujung usahanya, apakah kegagalan atau keberhasilan, apakah sakit hati atau kebahagiaan," demikian kutipan di siaran pers tentang album terbaru Sara yang diterima Republika.co.id.

Sara menghadirkan unsur musik pentatonik tradisional pada sembilan lagu di album Tresna. Perempuan 27 kelahiran Surabaya itu mengejawantahkan "tresna" yang dia maknai dalam bentuk perasaan atau emosi yang berbeda-beda di tiap lagu.