Selasa 28 Nov 2023 23:00 WIB

Perkuat Daya Saing, Telkom Bantu Sertifikasi Halal UMKM

Diharapkan angka tersebut dapat terus meningkat.

Red: Ahmad Fikri Noor
Pengunjung melintas di dekat logo halal.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pengunjung melintas di dekat logo halal.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk membantu sebanyak 498 UMKM binaan agar bisa mengantongi sertifikasi halal. Ini sebagai salah satu upaya meningkatkan daya saing secara nasional hingga internasional.

Deputy EVP SOE Service Telkom Fajar Wibawa melalui keterangannya, di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (28/11/2023) mengemukakan bahwa Telkom telah bekerja sama dengan Lembaga Pemeriksa Halal PT Surveyor Indonesia membantu penerbitan sertifikat halal bagi 248 UMKM binaan Rumah BUMN Telkom di 2023.

Baca Juga

"Sementara tahun sebelumnya sebanyak 249 UMKM binaan Telkom telah mendapat bantuan sertifikat halal. Secara keseluruhan, sebanyak 497 UMKM yang telah dibantu sertifikasi kehalalannya oleh Telkom," ujar Fajar.

Diharapkan angka tersebut dapat terus meningkat dan nantinya produk UMKM bersertifikasi halal ini semakin dapat bersaing untuk memenuhi kebutuhan konsumen domestik maupun internasional. Sebelumnya, penyerahan sertifikat halal secara simbolis kepada UMKM binaan PT Telkom telah digelar di Kantor Pusat PT Surveyor Indonesia, Jakarta.