Rabu 29 Nov 2023 11:10 WIB

Wapres Ingin ASEAN Jadi Pelopor Ekosistem Halal Hub Terintegrasi

Wapres mengajak negara-negara Muslim satukan visi soal pengembangan industri halal.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Fuji Pratiwi
Wakil Presiden KH Maruf Amin bertemu Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim di Kuching, Sarawak, pada Selasa (28/11/2023).
Foto: Republika/Fauziah Mursid
Wakil Presiden KH Maruf Amin bertemu Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim di Kuching, Sarawak, pada Selasa (28/11/2023).

oleh Fauziah Mursid dari Kuching, Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID,KUCHING--Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menginginkan negara di ASEAN sebagai pelopor ekosistem halal hub terintergrasi di berbagai kawasan. Karena itu, saat hadir di pembukaan Global Muslim Business Forum di Kota Kuching-Serawak, Malaysia, Selasa (28/11/2023), Wapres mengajak negara-negara Muslim untuk menyatukan visi dan misi terkait arah pengembangan industri halal global ke depan.

Baca Juga

"Fokus diperlukan pada peningkatan investasi bersama, dan pembangunan ekosistem halal hub terintegrasi di berbagai kawasan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan dan ASEAN menjadi pelopornya," ujar Kiai Ma'ruf.

Wapres berharap, melalui bisnis halal mampu mempersatukan negara-negara muslim di tengah semakin terpolarisasinya dunia. Menurutnya, bisnis halal harus mampu mempersatukan negara-negara muslim dalam aktivitas ekonomi dan perdagangan yang mampu menjawab beragam tantangan global.