Rabu 29 Nov 2023 13:24 WIB

Menolak Lamban, Valentino Rossi Siap Balapan di Endurance WEC 2024 Beradu Vs Schumacher Jr

Rossi sudah pernah mencicipi juara di ajang balap mobil

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Valentino Rossi muda tampak riang gembira merayakan
Foto: EPA PHOTO/EPA/GERRY PENNY
Valentino Rossi muda tampak riang gembira merayakan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia balap cepat sepertinya tidak akan pernah hilang dalam diri Valentino Rossi. Kini legenda balap motor MotoGP, Rossi dilaporkan beralih ke roda empat untuk mengikuti kejuaraan dunia ketahanan alias endurance FIA World Endurance Championship (WEC) 2024.

Nama Rossi masuk ke dalam daftar publikasi WEC 2024 yang dipublikasikan oleh pihak penyelenggara.

Baca Juga

"Saya sudah akrab dengan mobil setelah musim ini, tapi format dengan tiga pembalap dari tiga kategori performa berbeda akan menjadi hal baru bagi saya," kata Rossi menjelaskan dilansir France 24, Rabu (29/11/2023).

Juara dunia sembilan kali akan mengendarai mobil balap bersama tim WRT Belgia dengan salah satu dari 18 mobil yang masuk di kelas LMGT3, mengganti kategori LMGTE Am.

Pria asal Italia, yang mengidolakan klub sepak bola Inter Milan itu diperkirakan mengambil bagian dalam balapan legendaris, endurance Le Mans 24 jam pada 15 hingga 16 Juni 2024 mendatang.

Sebelumnya sosok yang akrab dengan julukan the Doctor telah memenangkan supporting race untuk tim WRT di Sirkuit Sarthe, Prancis 2023.

Adapun untuk identitas kedua rekan tim Rossi untuk balapan kali ini belum diketahui. Adapun, Robert Kubica dari Polandia masuk dalam daftar peserta kelas premier Hypercar.

Mantan pembalap Formula Satu (F1) yang dinobatkan sebagai juara dunia endurance 2023 kategori under LMP2 itu akan mengendarai mobil Ferrari pribadinya.

Di sisi lain, putra dari legenda F1 Michael Schumacher yakni Mick Schumacher bersiap menjalani debut endurance di kategori utama bersama Alpine.

Secara total akan ada 14 pabrikan yang berpartisipasi dalam kejuaraan ini, termasuk sembilan di Hypercar, yang merupakan sebuah rekor dalam sejarah WEC.

Untuk diketahui perusahaan Belgia yang didirikan bersama oleh mantan pembalap Vincent Vosse itu akan berpartisipasi di kelas Hypercar pada tahun 2024 dengan dua BMW M Hybrid dan di LGMT 3 dengan M4 GT3 kedua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement