Rabu 29 Nov 2023 19:45 WIB

Inisiasi Green Campus, Unpad Jadi Pionir Layanan Beam Mobility Sepeda Listrik

Unpad menganut green concept melalui penyediaan berbagai fasilitas penunjangnya.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Beam Mobility secara resmi, meluncurkan layanan transportasi-berbagi (ride-sharing) sepeda listrik di kampus (Unpad) Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.
Foto: dok. Republika
Beam Mobility secara resmi, meluncurkan layanan transportasi-berbagi (ride-sharing) sepeda listrik di kampus (Unpad) Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Universitas Padjadjaran (Unpad) menjadi pionir dalam penyediaan layanan ride sharing beam mobility di daerah Sumedang, Jawa Barat (Jabar). Beam Mobility sendiri, merupakan perusahaan mobilitas mikro terbesar di Asia Pasifik. Secara resmi, meluncurkan layanan transportasi-berbagi (ride-sharing) sepeda listrik di kampus (Unpad) Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. 

Inisiasi ini, ditandai dengan penandatanganan kerja sama antar kedua pihak yang telah dilakukan pada 14 November 2023. Peresmian layanan operasional Beam Mobility juga ditandai melalui dukungan sepeda listrik bagi peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-36 yang diselenggarakan di kampus Unpad selaku tuan rumah pada 26 November sampai dengan 1 Desember 2023. 

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Prof Arief S Kartasasmita, dr SpM(K), MKes PhD, pada tahun ajaran 2021/2022, Unpad memiliki lebih dari 42.000 mahasiswa yang tersebar pada 16 fakultas dan satu Sekolah Pascasarjana, dengan 1.739 tenaga pendidik dan 1.750 tenaga kependidikan . 

Unpad juga, menurut Prof Arief, menganut green concept melalui penyediaan berbagai fasilitas penunjang yang ramah lingkungan. Dalam hal ini kerja sama dengan Beam Mobility, merupakan upaya untuk memfasilitasi mobilisasi sivitas akademika Unpad melalui transportasi zero-emission di lingkungan kampusnya.