Rabu 29 Nov 2023 21:49 WIB

Review Napoleon: Kisah Kaisar Petit Prancis Versi Ridley Scott 

Alih-alih fokus pada pertempuran, film lebih menyoroti pendalaman karakter Napoleon.

Rep: Meiliza Laveda / Red: Friska Yolandha
Salah satu adegan di film Napoleon.
Foto: Dok. Sony Pictures Releasing
Salah satu adegan di film Napoleon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebelum menutup tahun 2023, deretan film tak tanggung-tanggung menghiasi bioskop tanah air. Salah satu film yang menarik perhatian sejak awal tahun adalah Napoleon karya Ridley Scott. Scott bukan sosok asing di dunia perfilman.

Di usianya yang terbilang tidak muda lagi (85 tahun), Scott merilis film historical drama yang mengangkat kisah Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte. Dalam proyek ini, Scott bertemu lagi dengan Joaquin Phoenix yang sebelumnya pernah tergabung dalam film Gladiator.

Baca Juga

Seperti judulnya, Napoleon mengangkat kisah Jenderal Napoleon Bonaparte yang ambisius, cerdas, dan ahli strategi. Berlatar tahun 1793 di era Revolusi Prancis, Napoleon diceritakan sebagai sosok yang berani melawan koalisi negara-negara Eropa untuk memperluas kekuasannya. Perjalanan kejayaannya juga diiringi dengan kehidupan romansa bersama Josephine (Vanessa Kirby).

Scott tidak menceritakan kehidupan Napoleon sejak lahir. Film langsung diawali dengan adegan eksekusi Ratu Prancis Marie Antoinette. Kala itu, Napoleon terlihat berbaur bersama massa menyaksikan pemenggalan Antoinette.