Kamis 30 Nov 2023 09:19 WIB

Wow, Ternyata Indonesia Miliki 600 Varian Artisan Coklat yang Bisa Dikembangkan

Kemenperin dukung industri cokelat lokal lewat Kompetisi Internasional

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Hampers dari Pipiltin Cocoa, Gift JoyBox, coklat asli Indonesia dan minuman cokelat yang cocok dinikmati hangat.
Foto: Dok Pipiltin Cocoa
Hampers dari Pipiltin Cocoa, Gift JoyBox, coklat asli Indonesia dan minuman cokelat yang cocok dinikmati hangat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan meningkatkan promosi varian artisan cokelat Indonesia agar bisa dikenal dunia. Sebab, Indonesia memiliki sekitar 600 flavor atau varian artisan cokelat yang bisa dikembangkan.

Direktur Industri Minuman, Hasil Tembakau dan Bahan Penyegar Kemenperin, Edy Sutopo, mengatakan ratusan varian cokelat itu merupakan potensi yang besar. Sehingga menurutnya, yang saat ini dibutuhkan pengusaha industri cokelat di Indonesia ialah bagaimana melakukan branding.

“Kita punya potensi, karena berdasarkan informasi dari pakar, Indonesia itu memiliki sekitar 600 varian. Sehingga ini bisa kita mainkan. Ketika ini jadi fokus pengembangan kita, nanti kita akan mendorong enterpreneur-entrepreneur, terutama generasi muda, yang memiliki inovasi, kita dorong,” kata Edy saat diskusi ‘mengenal manisnya cokelat lokal’ di Kota Bogor, Rabu (29/11/2023).

Menurut Edy, Indonesia sudah bisa memproduksi cokelat artisan yang tidak kalah mutunya dan lezatnya dengan produsen kakao di dunia, misalnya di Belgia. Salah satu contoh produk cokelat lokal di Indonesia ialah Pipiltin milik Irvan Helmy.