Kamis 30 Nov 2023 14:06 WIB

Jika Orang Tua Telah Meninggal, Bagaimana Cara Anak Meminta Maaf?

Agama Islam memposisikan keluarga sangat penting.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Pasien stroke lanjut usia (lansia) duduk di atas kursi roda (ilustrasi).
Foto: Freepik
Pasien stroke lanjut usia (lansia) duduk di atas kursi roda (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Agama Islam memposisikan keluarga sangat penting, misalnya peran orang tua bagi anak-anaknya. Orang tua telah berjasa dalam membimbing dan merawat anak-anaknya sejak lahir hingga dewasa dan bisa berusaha secara mandiri.

Akan tetapi, kematian pastilah terjadi sehingga orang tua dan anak-anaknya harus berpisah. Ketika orang tua telah meninggal dunia, ada rasa penyesalan yang mungkin muncul dalam diri anak-anaknya, terutama jika terdapat perbuatan atau kata-kata yang kurang pantas dan menyakitkan yang dilakukan anak sebelum kematian orang tuanya. 

Baca Juga

Lantas bagaimana cara anak meminta maaf kepada orang tua yang sudah meninggal? Dilansir dari laman resmi Kementerian Agama, Tim Layanan Syariah Ditjen Bimas Islam menjelaskan cara anak meminta maaf kepada orang tua yang telah meninggal dunia.

Ajaran Islam menjelaskan, meminta maaf kepada orang tua yang telah meninggal adalah tindakan yang mulia dan sangat dianjurkan. Meskipun tidak mungkin berinteraksi langsung dengan mereka, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memohon ampunan dan meminta maaf kepada orang tua yang telah tiada.