Sabtu 02 Dec 2023 14:52 WIB

Forkom UMKM Jadi Wadah Penguatan Kemitraan Pelaku Usaha di Sleman

Pemkab Sleman terus mendukung pengembangan potensi yang dimiliki UMKM.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat meninjau salah satu stan peserta acara HUT Forkom UMKM Sleman.
Foto: Dokumen
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat meninjau salah satu stan peserta acara HUT Forkom UMKM Sleman.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menghadiri kegiatan puncak peringatan HUT Forum Komunikasi (Forkom) UMKM Sleman yang berlangsung di kawasan Lapangan Pemda. Acara ini diselenggarakan untuk HUT Forkom UMKM Sleman yang pertama sejak resmi bentuk dan dikemas ke dalam berbagai rangkaian kegiatan.

"Peringatan HUT Forkom ini melibatkan pelaku UMKM Sleman yang tergabung dalam Forkom Kalurahan dan Forkom Kapanewon di wilayah Sleman. Dalam puncak peringatan ini juga diselenggarakan senam massal dengan jumlah peserta 1.000 orang, bazar, festival jajanan, fashion, dan kegiatan lainnya," kata Nuradi selalu ketua panita HUT Forkom UMKM Sleman.

Nuradi menyebut kegiatan yang mengusung tema UMKM Sleman Bersatu dan Menyejahterakan ini juga sebagai momen untuk sosialisasi ke pelaku UMKM agar dapat bergabung ke dalam Forkom UMKM dan bersama meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM.

Sementara itu, Bupati Kustini Sri Purnomo dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas peringatan HUT Forkom UMKM yang pertama. Menurut dia, di usianya yang masih muda ini, Forkom diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pelaku UMKM dan secara optimal dapat mengembangkan usaha mikro di Sleman.

"Eksistensi Forkom menjadi penting untuk memperluas jangkauan pemasaran UMKM di Sleman. Terlebih, Forkom UMKM ini berperan sebagai wadah yang kemudian dapat memfasilitasi berbagai kegiatan pemasaran, peningkatan kapasitas pelaku UMKM, juga peningkatan manajemen usaha para pelaku UMKM," ujarnya.

Dengan adanya kolaborasi dan sinergi yang tepat dan berkesinambungan antara Forkom UMKM dengan pemerintah, Kustini optimistis UMKM di Sleman akan terus berkembang dan naik kelas.

"Pemkab Sleman tentu mendukung pengembangan potensi yang dimiliki UMKM melalui kerja sama yang berkesinambungan antara pemerintah dengan Forkom UMKM," tegas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement