Ahad 03 Dec 2023 12:02 WIB

Pemkot Yogyakarta akan Tata Kabel Fiber Optik yang Ganggu Estetika Kota

Penataan kabel fiber optik diharapkan dapat mempercantik wajah Kota Yogyakarta.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi
kabel fiber optik
Foto: Republika/Yogi Ardhi
kabel fiber optik

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemkot Yogyakarta berupaya menempuh penanganan teknologi telekomunikasi lewat pemindahan dan penyederhanaan kabel fiber optik di Kota Yogya.

Hal ini disampaikan oleh Penjabat Wali Kota Yogya Singgih Raharjo saat kunjungan Pemkab Jombang ini dipimpin langsung oleh Penjabat Bupati Jombang, Sugiat, ke Pemkot Yogyakarta, Jumat (1/12/2023).

Tujuan Pemkab Jombang mengunjungi Kota Yogya lantaran Kabupaten Jombang akan menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Tujuan kami ke Kota Yogyakarta ingin belajar bagaimana cara mengatur penyelenggaraan telekomunikasi khususnya akses internet, dan penataan kabel fiber optik di Kota Yogyakarta," ujar Bupati Jombang.

Menanggapi hal ini, Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo menyebutkan bahwa pihaknya akan melakukan penataan kabel-kabel fiber optik yang kerap bertubrukan dengan estetika kota.

"Beberapa titik di Kota Yogya telah dilakukan penyederhanaan kabel fiber optik, salah satunya dengan skema ducting atau penataan dan pemindahan kabel fiber optik menuju bawah tanah," ungkapnya.

Beberapa titik tersebut di antaranya adalah Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Sudirman, Jalan Suroto, Jalan Sultan Agung, hingga Jalan Malioboro.

"Jalan-jalan ini mempunyai peranan strategis di sektor pariwisata sebagai penopang Malioboro," jelasnya.

Diharapkan dengan penataan kabel fiber optik ini dapat mempercantik wajah Kota Yogya sehingga akan meningkatkan geliat pariwisata di kota pelajar ini. 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement