Ahad 03 Dec 2023 16:50 WIB

Tips dan Trik Bikin CV Versi Cyber University

Curriculum Vitae (CV) menjadi hal penting yang perlu dibuat saat melamar kerja.

Red: Nora Azizah
Ada beberapa tujuan yang perlu diperhatikan pelamar kerja saat membuat CV.
Foto: Dok. Cyber University
Ada beberapa tujuan yang perlu diperhatikan pelamar kerja saat membuat CV.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kamu sudah tahu seberapa pentingnya Curriculum Vitae (CV) untuk melamar kerja? Daftar Riwayat Hidup atau yang lebih familiar dengan sebutan Curriculum Vitae (CV) ini merupakan deskripsi profil meliputi informasi-informasi pokok dari autobiografi atau biografi. Dokumen ini berisi biodata personal yang disertai dengan peristiwa penting yang pernah dialami (portofolio), biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan.

Perjalanan kehidupan, pengalaman, keterampilan, keahlian, hingga pendidikan seseorang terangkum dalam sebuah CV. Tentunya, dengan tujuan khusus dalam menyediakan informasi kepada perusahaan atau instansi tertentu tentang kualifikasi seseorang.

Baca Juga

Kepala Cyber Career Center (CCC) Cyber University Anang Martoyo mengatakan, ada beberapa tujuan kenapa pelamar kerja harus membuat CV. 

“CV akan menjadi rujukan bagi Perusahaan atau perekrut untuk menilai apakah kita layak atau tidak untuk diterima kerja di tempat tersebut,” kata Anang, dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/12/2023).