Senin 04 Dec 2023 07:25 WIB

Seperti Orkestra Besar, Astronom Temukan Tata Surya Langka dengan 6 Planet

Enam planet itu bergerak seperti orkestra kosmik besar.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Para astronom telah menemukan tata surya langka yang sinkron dengan enam planet yang bergerak seperti orkestra kosmik besar. (ilustrasi)
Foto: www.wikimedia.org
Para astronom telah menemukan tata surya langka yang sinkron dengan enam planet yang bergerak seperti orkestra kosmik besar. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Para astronom telah menemukan tata surya langka yang sinkron dengan enam planet yang bergerak seperti orkestra kosmik besar. Itu tidak tersentuh oleh kekuatan luar sejak kelahirannya miliaran tahun lalu. 

Dilansir Phys.org, Senin (4/12/2023), penemuan ini, yang diumumkan pada Rabu (29/11/2023), dapat membantu menjelaskan bagaimana tata surya di galaksi Bima Sakti terbentuk yang berjarak 100 tahun cahaya di konstelasi Coma Berenices. Satu tahun cahaya sama dengan 5,8 triliun mil. 

Baca Juga

Sepasang satelit pemburu planet, Tess milik NASA dan Cheops milik Badan Antariksa Eropa, bekerja sama dalam pengamatan. 

Tidak ada satu pun planet yang berada dalam sinkronisasi sempurna yang berada dalam zona layak huni bintang tersebut, yang berarti kecil kemungkinan adanya kehidupan, setidaknya seperti yang kita ketahui.  

“Di sini kita mempunyai target emas sebagai perbandingan,'' kata Adrien Leleu dari University of Geneva, yang merupakan bagian dari tim internasional yang mempublikasikan hasilnya di Jurnal Nature

Bintang yang dikenal sebagai HD 110067 ini mungkin memiliki lebih banyak planet. Keenam gas yang ditemukan sejauh ini kira-kira dua hingga tiga kali ukuran Bumi, namun dengan kepadatan yang mendekati raksasa gas di tata surya kita. Orbitnya berkisar antara sembilan hingga 54 hari, menempatkan mereka lebih dekat ke bintangnya dibandingkan Venus ke matahari dan membuatnya sangat panas. 

Sebagai planet gas, mereka diyakini memiliki inti padat yang terbuat dari batu, logam atau es, yang diselimuti oleh lapisan hidrogen yang tebal, menurut para ilmuwan. Pengamatan lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apa yang ada di atmosfer mereka. 

Para ilmuwan mengatakan tata surya ini unik karena keenam planet bergerak serupa simfoni yang tersinkronisasi sempurna. Dalam istilah teknis, ini dikenal sebagai resonansi yang “tepat, sangat teratur,” kata rekan penulis Enric Palle dari Institut Astraofisika Kepulauan Canary. 

Planet terdalam menyelesaikan tiga orbit untuk setiap dua orbit tetangga terdekatnya. Hal yang sama berlaku untuk planet terdekat kedua dan ketiga, serta planet terdekat ketiga dan keempat. 

Dua planet terluar menyelesaikan orbitnya dalam 41 dan 54 hari yang menghasilkan empat orbit untuk setiap tiga hari. Sementara itu, planet terdalam menyelesaikan enam orbit tepat pada waktu yang sama dengan planet terluar menyelesaikan satu orbit.

Menurut para ilmuwan, semua tata surya, termasuk tata surya kita, diperkirakan bermula seperti ini. Tetapi diperkirakan hanya satu dari 100 sistem yang mempertahankan sinkronisasi tersebut, dan sistem kita bukan salah satunya. 

Planet-planet raksasa dapat membuat segalanya kacau balau. Begitu juga dengan pemboman meteor, pertemuan jarak dekat dengan bintang tetangga, dan gangguan lainnya. 

Palle mengatakan meskipun para astronom mengetahui ada 40 hingga 50 tata surya yang sinkron, tidak ada yang memiliki planet dengan tingkat sempurna atau bintang seterang ini. 

Hugh Osborn dari University of Bern, yang merupakan bagian dari tim, “terkejut dan gembira” ketika periode orbit planet-planet di sistem bintang ini mendekati prediksi para ilmuwan. “Saya sangat terkejut. Itu adalah momen yang sangat menyenangkan,” ujar Osborn.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement