Senin 04 Dec 2023 09:54 WIB

Imbas Longsor di Banyumas, Sejumlah Perjalanan Kereta Api Daop 6 Dialihkan

Longsoran terjadi karena pengaruh curah hujan yang sangat tinggi.

Rep: Muhammad Noor Alfian/ Red: Yusuf Assidiq
Upaya penanganan rel kereta api yang terkena longsor di wilayah Banyumas.
Foto: Dokumen
Upaya penanganan rel kereta api yang terkena longsor di wilayah Banyumas.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Sejumlah kereta api tujuan dan keberangkatan stasiun PT KAI Daop 6 Yogyakarta mengalami gangguan akibat terimbas longsoran yang terjadi di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul-Karangsari Kabupaten Banyumas pada Senin (4/12) dini hari.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro menjelaskan longsoran terjadi karena pengaruh curah hujan yang sangat tinggi di wilayah tersebut. Akibat kejadian tersebut, sejumlah KA tujuan dan keberangkatan stasiun Daop 6 ada yang dibatalkan sebagian rutenya di beberapa relasi dan dialihkan.

Perjalanan kereta api lantas memutar lewat jalur utara melalui Gundih - Semarang - Tegal - Cirebon. Rute lain untuk pengalihan memutar lewat Kroya - Banjar - Bandung - Cikampek.

"Hingga pukul 08.00 WIB, kami mencatat terdapat 10 KA tujuan dan keberangkatan stasiun Daop 6 dialihkan memutar, antara lain yaitu KA Kamandaka, Ranggajati, Argo Semeru, Fajar Utama Solo, Fajar Utama Yk, Bengawan, Gajahwong, Taksaka, Argo Lawu, dan Taksaka," kata Kris, Senin (4/12/2023).