Senin 04 Dec 2023 11:42 WIB

Hadits-Hadits Nabi Muhammad Tentang Kegiatan Intelijen dan Mata-Mata

Sejumlah hadits Nabi Muhammad menunjukkan tentang kegiatan intelijen dan mata-mata.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Hadits-Hadits Nabi Muhammad Tentang Kegiatan Intelijen dan Mata-Mata. Foto:  Ulama hadits (ilustrasi)
Foto: Blogspot.com
Hadits-Hadits Nabi Muhammad Tentang Kegiatan Intelijen dan Mata-Mata. Foto: Ulama hadits (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Dalam kamus besar bahasa Indonesia intelijen berarti orang yang bertugas mencari (meng-amat-amati) seseorang. Mata-mata dalam Islam disebut dengan tajassus. Tujuannya untuk menyelidiki kekuatan musuh mulai dari taktik, kekuatan personel, perbekalan untuk melaporkan kepada pemimpin pasukan. Orang yang menyelidiki rahasia atau keadaan orang lain disebut mata-mata (al jasus).

Kontek mata-mata yang dibahas di sini adalah dalam peperangan, bukan sebagai kegiatan mengetahui kejelekan orang lain dan membeberkannya untuk orang lain, sebab hal tersebut dilarang dalam Islam.

Baca Juga

Soeripto dalam bukunya berjudul Intelijen Nabi yang diterbitkan Grasindo menjelaskan ada beberapa kata dalam hadits nabi Muhammad SAW yang menunjukkan kegiatan-kegiatan intelijen.

1)Aina (ุนูŽูŠู’ู†ูŽ)

Kalimat ุนูŽูŠู’ู†ูŽ memiliki makna asli dan makna majazi. Makna asli adalah mata, sedangkan makna majazi adalah mata-mata dan mata air. Mata-mata, dalam KBBI memiliki arti orang yang ditugasi menyelidiki secara diam-diam. Makna majazi yang dijadikan rujukan adalah mata-mata. Kalimat ุนูŽูŠู’ู†ูŽ dalam kamus Lisan Al Arab juga merujuk pada arti ุงู„ุฌุงุณูˆุณ ( mata-mata). Dalam sebuah kejadian pada masa perjanjian Hudaibiyah disebutkan: 

 

ูƒุงู† ุงู„ู„ู‡ ู‚ุฏ ู‚ุทุน ุนูŠู†ุง ู…ู† ุงู„ู…ุดุฑูƒูŠู† ุฃูŠ ูƒูู‰ ุงู„ู„ู‡ ู…ู†ู‡ู… ู…ู† ูŠุฑุตุฏู†ุง ูˆูŠุชุฌุณุณ ุนู„ูŠู†ุง ุฃุฎุจุงุฑู†ุง 

Artinya: Allah telah menghancurkan (usaha) mata-mata orang-orang musyrik, dengan arti bahwa cukuplah Allah (membinasakan) orang yang mengintai kita dan memata-matai berita-berita tentang kita. (Ibnu Manzhur, Juz IX, halaman 506).

Beberapa contoh hadits yang berkaitan dengan kalimat ุนูŠู† yang menunjukkan adanya kegiatan intelijen: 

ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุจู’ู†ู ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุณููู’ูŠูŽุงู†ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุงู„ุฒู‘ูู‡ู’ุฑููŠู‘ูŽ ุญููŠู†ูŽ ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซูŽ ุญูŽููุธู’ุชู ุจูŽุนู’ุถูŽู‡ู ูˆูŽุซูŽุจู‘ูŽุชูŽู†ููŠ ู…ูŽุนู’ู…ูŽุฑูŒ ุนูŽู†ู’ ุนูุฑู’ูˆูŽุฉูŽ ุจู’ู†ู ุงู„ุฒู‘ูุจูŽูŠู’ุฑู ุนูŽู†ู’ ุงู„ู’ู…ูุณู’ูˆูŽุฑู ุจู’ู†ู ู…ูŽุฎู’ุฑูŽู…ูŽุฉูŽ ูˆูŽู…ูŽุฑู’ูˆูŽุงู†ูŽ ุจู’ู†ู ุงู„ู’ุญูŽูƒูŽู…ู ูŠูŽุฒููŠุฏู ุฃูŽุญูŽุฏูู‡ูู…ูŽุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุตูŽุงุญูุจูู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽุง ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุนูŽุงู…ูŽ ุงู„ู’ุญูุฏูŽูŠู’ุจููŠูŽุฉู ูููŠ ุจูุถู’ุนูŽ ุนูŽุดู’ุฑูŽุฉูŽ ู…ูุงุฆูŽุฉู‹ ู…ูู†ู’ ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจูู‡ู ููŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ุฃูŽุชูŽู‰ ุฐูŽุง ุงู„ู’ุญูู„ูŽูŠู’ููŽุฉู ู‚ูŽู„ู‘ูŽุฏูŽ ุงู„ู’ู‡ูŽุฏู’ูŠูŽ ูˆูŽุฃูŽุดู’ุนูŽุฑูŽู‡ู ูˆูŽุฃูŽุญู’ุฑูŽู…ูŽ ู…ูู†ู’ู‡ูŽุง ุจูุนูู…ู’ุฑูŽุฉู ูˆูŽุจูŽุนูŽุซูŽ ุนูŽูŠู’ู†ู‹ุง ู„ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุฎูุฒูŽุงุนูŽุฉูŽ ูˆูŽุณูŽุงุฑูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูƒูŽุงู†ูŽ ุจูุบูŽุฏููŠุฑู ุงู„ู’ุฃูŽุดู’ุทูŽุงุทู ุฃูŽุชูŽุงู‡ู ุนูŽูŠู’ู†ูู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽ ู‚ูุฑูŽูŠู’ุดู‹ุง ุฌูŽู…ูŽุนููˆุง ู„ูŽูƒูŽ ุฌูู…ููˆุนู‹ุง ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุฌูŽู…ูŽุนููˆุง ู„ูŽูƒูŽ ุงู„ู’ุฃูŽุญูŽุงุจููŠุดูŽ ูˆูŽู‡ูู…ู’ ู…ูู‚ูŽุงุชูู„ููˆูƒูŽ ูˆูŽุตูŽุงุฏู‘ููˆูƒูŽ ุนูŽู†ู’ ุงู„ู’ุจูŽูŠู’ุชู ูˆูŽู…ูŽุงู†ูุนููˆูƒูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุดููŠุฑููˆุง ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุนูŽู„ูŽูŠู‘ูŽ ุฃูŽุชูŽุฑูŽูˆู’ู†ูŽ ุฃูŽู†ู’ ุฃูŽู…ููŠู„ูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุนููŠูŽุงู„ูู‡ูู…ู’ ูˆูŽุฐูŽุฑูŽุงุฑููŠู‘ู ู‡ูŽุคูู„ูŽุงุกู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ูŠูุฑููŠุฏููˆู†ูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุตูุฏู‘ููˆู†ูŽุง ุนูŽู†ู’ ุงู„ู’ุจูŽูŠู’ุชู ููŽุฅูู†ู’ ูŠูŽุฃู’ุชููˆู†ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽุฒู‘ูŽ ูˆูŽุฌูŽู„ู‘ูŽ ู‚ูŽุฏู’ ู‚ูŽุทูŽุนูŽ ุนูŽูŠู’ู†ู‹ุง ู…ูู†ู’ ุงู„ู’ู…ูุดู’ุฑููƒููŠู†ูŽ ูˆูŽุฅูู„ู‘ูŽุง ุชูŽุฑูŽูƒู’ู†ูŽุงู‡ูู…ู’ ู…ูŽุญู’ุฑููˆุจููŠู†ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุจููˆ ุจูŽูƒู’ุฑู ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฎูŽุฑูŽุฌู’ุชูŽ ุนูŽุงู…ูุฏู‹ุง ู„ูู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุจูŽูŠู’ุชู ู„ูŽุง ุชูุฑููŠุฏู ู‚ูŽุชู’ู„ูŽ ุฃูŽุญูŽุฏู ูˆูŽู„ูŽุง ุญูŽุฑู’ุจูŽ ุฃูŽุญูŽุฏู ููŽุชูŽูˆูŽุฌู‘ูŽู‡ู’ ู„ูŽู‡ู ููŽู…ูŽู†ู’ ุตูŽุฏู‘ูŽู†ูŽุง ุนูŽู†ู’ู‡ู ู‚ูŽุงุชูŽู„ู’ู†ูŽุงู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู…ู’ุถููˆุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุงุณู’ู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Muhammad, telah menceritakan kepada kami Sufyan Ia berkata, aku mendengar Az Zuhri ketika dia menyampaikan hadits ini, "Aku hafal sebagiannya lalu Ma'mar menegaskannya kepadaku dari 'Urwah bin Az Zubair dari Al Miswar bin Makhramah dan Marwan bin Al Hakam keduanya saling menambahkan satu sama lain, keduanya berkata, "Pada peristiwa Hudaibiyyah Nabi ๏ทบ berangkat dari Madinah bersama sekitar seribu sahabat beliau. Ketika sampai di Dzul Hulaifah, Nabi ๏ทบ mengikat dan menandai hewan kurban beliau, lalu memulai ihram dari sana untuk melaksanakan umrah." Setelah itu beliau mengutus seorang mata-mata dari suku Khuza'ah, sedangkan Nabi ๏ทบ melanjutkan perjalanan, tatkala sampai di Ghadirul Asythath, mata-mata beliau datang sambil berkata, "Sesungguhnya kaum Quraisy telah berkumpul untuk menghadapi tuan. Mereka berkumpul mengerahkan berbagai suku. Mereka akan memerangi tuan dan menghalangi serta mencegah tuan dari Baitullah." Beliau lalu bersabda, "Wahai sekalian manusia, berkumpullah kepadaku. Apakah kalian melihat bahwa aku akan berpaling kepada keluarga dan anak keturunan mereka yaitu orang-orang yang hendak menghalangi kita dari Baitullah. Jika ada yang datang kepada kita sebagai utusan, Allah 'Azza wa Jalla telah memutus mata-mata dari Musyrikin. Jika tidak, kita biarkan mereka menjadi orang-orang yang diperangi." Lalu Abu Bakr berkata, "Wahai Rasulullah, engkau keluar sengaja hanya untuk beribadah di Baitullah. Engkau tidak bermaksud membunuh seseorang pun dan tidak bermaksud memerangi seorangpun. Maka hadapilah. Siapa ytang menghalangi kita, kita akan memeranginya." Maka beliau bersabda, "Bergeraklah dengan nama Allah.” (HR. Bukhari nomor 4178, 4179 dalam Fathul Bari).

Dapat disimpulkan bahwa pemakaian kata ุนูŠู† yang memiliki arti mata-mata dan merupakan salah satu dari kegiatan intelijen dengan operasi pengintaian dan penyelidikan untuk mendapatkan data-data langsung dari lapangan. Perintah penyelidikan kepada personel-personel intelijen keluar dari komando utama yakni Nabi SAW. 

2)Toli’ah (ุทู„ูŠุนุฉ) pasukan perintis penyelidik

Kalimat ุทู„ูŠุนุฉ dalam kamus Lisan Al Arab berarti rombongan yang diutus untuk mengetahui keadaan musuh, digunakan untuk satu dan jamak. Kalimat ูˆุทุจูŠุนุฉ ุงู„ุฌูŠุด artinya adalah yang bertugas untuk mengintai dari satu pasukan perang, bertugas untuk mengetahui keadaan musuh. 

Hadits yang berkaitan dengan kalimat ุทู„ูŠุนุฉ yang menunjukkan adanya kegiatan pengintaian sebagai bentuk dari operasi intelijen adalah : 

ูˆ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุจููˆ ุญูŽุงุฒูู…ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุจููˆ ุถูŽู…ู’ุฑูŽุฉูŽ ู„ูŽุง ุฃูŽุนู’ู„ูŽู…ูู‡ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ุนูŽู†ู’ ุณูŽู‡ู’ู„ู ุจู’ู†ู ุณูŽุนู’ุฏู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุซูŽู„ููŠ ูˆูŽู…ูŽุซูŽู„ู ุงู„ุณู‘ูŽุงุนูŽุฉู ูƒูŽู‡ูŽุงุชูŽูŠู’ู†ู ูˆูŽููŽุฑู‘ูŽู‚ูŽ ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุฃูุตู’ุจูุนูŽูŠู’ู‡ู ุงู„ู’ูˆูุณู’ุทูŽู‰ ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุชููŠ ุชูŽู„ููŠ ุงู„ู’ุฅูุจู’ู‡ูŽุงู…ูŽ ุซูู…ู‘ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุซูŽู„ููŠ ูˆูŽู…ูŽุซูŽู„ู ุงู„ุณู‘ูŽุงุนูŽุฉู ูƒูŽู…ูŽุซูŽู„ู ููŽุฑูŽุณูŽูŠู’ ุฑูู‡ูŽุงู†ู ุซูู…ู‘ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุซูŽู„ููŠ ูˆูŽู…ูŽุซูŽู„ู ุงู„ุณู‘ูŽุงุนูŽุฉู ูƒูŽู…ูŽุซูŽู„ู ุฑูŽุฌูู„ู ุจูŽุนูŽุซูŽู‡ู ู‚ูŽูˆู’ู…ูู‡ู ุทูŽู„ููŠุนูŽุฉู‹ ููŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ุฎูŽุดููŠูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูุณู’ุจูŽู‚ูŽ ุฃูŽู„ูŽุงุญูŽ ุจูุซูŽูˆู’ุจูู‡ู ุฃูุชููŠุชูู…ู’ ุฃูุชููŠุชูู…ู’ ุซูู…ู‘ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฃูŽู†ูŽุง ุฐูŽู„ููƒูŽ

Artinya: Dan Abu Hazim berkata, Rasulullah ๏ทบ bersabda - Abu Dhamrah menjelaskan: Aku hanya mengetahuinya dari Sahal bin Sa'ad - "Perumpamaanku dengan waktu kiamat seperti dua ini." Beliau merenggangkan jari tengah dan jari telunjuk. Selanjutnya beliau bersabda, "Perumpamaanku dengan hari kiamat seperti dua kuda yang diperlombakan (diadu kecepatannya)." Selanjutnya beliau bersabda, "Perumpamaanku dengan hari kiamat seperti seseorang yang diutus kaumnya sebagai pasukan pengintai, saat merasa khawatir didahului, ia melambai-lambaikan bajunya: kalian telah didatangi, kalian telah didatangi." Kemudian Rasulullah ๏ทบ bersabda, "Akulah orang itu." (HR. Ahmad 21743).

Disimpulkan bahwa adanya pemakaian kalimat Toli'ah yang memiliki arti pasukan pengintai baik satu atau jamak, merupakan salah satu kegiatan intelijen dengan operasi pasukan perintis yang mengemban tugas pengintaian dan penyelidikan untuk mendapatkan data-data langsung dari lapangan. Perintah penyelidikan kepada personel-personel pasukan perintis keluar dari komandan utama yakni Nabi Muhammad SAW. 

3)Rosod (ุฑุตุฏ) mengintai

Kalimat ุฑุตุฏ yang dimaksud adalah yang memiliki arti mengintai, melihat, menjaga, mengawasi. Dalam KBBI intai -mengintai memiliki arti mengamat-amati dari jarak jauh atau dari tempat tersembunyi (gerak-gerik orang yang dicurigai, musuh dan sebagai). Pengintaian adalah proses perbuatan cara mengintai. Hadits berikut adalah contoh merujuk kalimat ุฑุตุฏ yang menandakan adanya kegiatan intelijen yakni operasi pengintaian. 

ุญุฏุซู†ุง ุฃุจูˆ ุงู„ู†ุถุฑ ุญุฏุซู†ุง ู…ุญู…ุฏ ุนู† ุณู„ูŠู…ุงู† ุจู† ู…ูˆุณู‰ ุนู† ุนู…ุฑูˆ ุจู† ุดุนูŠุจ ุนู† ุฃุจูŠู‡ ุนู† ุฌุฏู‡ ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ๏ทบ ุฃู†ู‡ ู‚ุงู„ ู…ู† ุญู…ู„ ุนู„ูŠู†ุง ุงู„ุณู„ุงุญ ูู„ูŠุณ ู…ู†ุง ูˆู„ุง ุฑุตุฏ ูŠุทุฑูŠู‚

Artinya: telah menceritakan kepadaku Abu Nadir telah menceritakan kepada kami Muhammad dari Sulaiman bin Musa dari Amru bin Syu'aib dari bapaknya dari kakeknya dari Nabi Muhammad SAW bahwa beliau bersabda: Bukan dari golonganku orang yang membawa (mengacungkan) senjata kepada kami, dan orang yang memata-matai di jalan,” (HR. Ahmad nomor 6437). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement