Senin 04 Dec 2023 13:19 WIB

Pasukan Israel Bersiap Lancarkan Invasi Darat ke Gaza Selatan

Tiga hari terakhir Israel menggempur Gaza selatan melalui serangan udara.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Sebuah kendaraan tempur lapis baja Israel bermanuver di posisi dekat perbatasan dengan Jalur Gaza, di Israel selatan, (2/12/ 2023.
Foto: EPA-EFE/ATEF SAFADI
Sebuah kendaraan tempur lapis baja Israel bermanuver di posisi dekat perbatasan dengan Jalur Gaza, di Israel selatan, (2/12/ 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Pasukan darat Israel terus merangsek masuk ke Gaza selatan, setelah tiga hari melakukan pengeboman besar-besaran. Laporan awal dari radio militer Israel secara efektif mengkonfirmasi bahwa Israel telah melancarkan operasi darat di sebelah utara Khan Younis.

BBC juga telah memverifikasi gambar-gambar tank Israel yang beroperasi di dekat kota tersebut. Kepala Pasukan Pertahanan Israel (IDF) kemudian mengatakan kepada pasukannya bahwa IDF juga bertempur "dengan kuat dan menyeluruh" di Gaza selatan.

Baca Juga

Letnan Jenderal Herzi Halevi berbicara kepada para prajurit dari divisi Gaza tentang tujuan militer dan pembunuhan yang dilakukan IDF terhadap para komandan Hamas. "Kami bertempur dengan kuat dan menyeluruh di Jalur Gaza utara, dan kami juga melakukannya sekarang di Jalur Gaza selatan," kata Halevi kepada para prajurit Israel.

Seorang juru bicara IDF kemudian mengkonfirmasi bahwa Israel "terus memperluas serangan darat" di seluruh Gaza, termasuk pasukan yang "melakukan pertempuran tatap muka dengan para teroris".