Senin 04 Dec 2023 15:46 WIB

Surah Al-Mu'minun 12-14 Ungkap Fakta Ilmiah Penciptaan Manusia

Alquran mengandung banyak fakta ilmiah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Foto: Alquran
Foto: Dok Republika
Foto: Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran yang diturunkan Allah Ta'ala kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril mengandung berbagai fakta ilmiah. Manusia yang mau berpikir akan ayat-ayat Alquran akan dapat mengenal Allah dan keagungan-Nya. 

Meskipun ilmu pengetahuan berkembang pesat, tak satu pun teori ilmiah tersebut yang bertentangan dengan Alquran. Alquran telah menyebutkan berbagai hakikat ilmiah yang detail dan akurat sehingga ditemukanlah ilmu-ilmu baru yang sebelumnya tidak diketahui manusia. Tepatnya sebelum manusia mampu menciptakan alat-alat canggih sebagaimana saat ini. 

Baca Juga

Salah satu contoh bagaimana Alquran menginformasikan fakta-fakta ilmiah adalah tentang proses penciptaan manusia sebagaimana terdapat pada surah Al-Mu’minun ayat 12-14.

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ مِنْ سُلَالَةٍ مِنْ طِينٍ . ثُمَّ جَعَلْنَاهُ نُطْفَةً فِي قَرَارٍ مَكِينٍ . ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا الْمُضْغَةَ عِظَامًا فَكَسَوْنَا الْعِظَامَ لَحْمًا ثُمَّ أَنْشَأْنَاهُ خَلْقًا آخَرَ ۚ فَتَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ .