Selasa 05 Dec 2023 13:26 WIB

WhatsApp Disebut Ganti Nomor Telepon dengan Username, Benarkah?

Fitur username terlihat muncul dalam WhatsApp Beta versi terbaru.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Dengan fitur baru ini, tiap pengguna WhatsApp bisa memilih username unik yang berbeda dengan pengguna lain untuk akun WhatsApp mereka.
Foto: Unsplash
Dengan fitur baru ini, tiap pengguna WhatsApp bisa memilih username unik yang berbeda dengan pengguna lain untuk akun WhatsApp mereka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---WhatsApp disebut akan menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan username, alih-alih nomor telepon, pada akun mereka. Fitur ini akan memberikan alternatif tambahan bagi pengguna dalam hal bertukar kontak.

Kabar mengenai rencana WhatsApp dalam menghadirkan opsi username bagi pengguna sudah berhembus sejak awal 2023. Namun setelahnya, tak ada informasi lebih lanjut yang beredar mengenai rencana tersebut.

Baca Juga

Kini, kabar mengenai fitur menarik tersebut kembali mencuat setelah WhatsApp menghadirkan pembaruan WhatsApp Beta untuk Android (versi 2.23.25.19). menurut laporan WABetaInfo, fitur username terlihat muncul dalam WhatsApp Beta versi terbaru ini. Akan tetapi, fitur tersebut masih belum bisa diakses oleh para beta tester atau pengguna WhatsApp Beta.

Berdasarkan pemantauan terkini, WhatsApp tampaknya akan menghadirkan kolom pencarian yang ditujukan secara khusus untuk mencari username pengguna. Perlu diketahui, username ini berbeda dengan nama yang saat ini bisa dicantumkan oleh pengguna dalam akun WhatsApp mereka.

Seperti dilansir Gizchina pada Selasa (5/12/23), dengan fitur baru ini, tiap pengguna WhatsApp bisa memilih username unik yang berbeda dengan pengguna lain untuk akun WhatsApp mereka. Inovasi ini bertujuan agar nomor pribadi pengguna yang terhubung dengan akun WhatsApp tidak mudah bocor atau tersebar dengan mudah kepada orang asing.

Bila fitur baru ini diluncurkan, pengguna bisa bertukar kontak WhatsApp hanya dengan menggunakan username. Sehingga, pengguna bisa melakukan percakapan di WhatsApp dengan orang lain tanpa harus membagikan nomor telepon pribadi mereka.

Hingga saat ini, fitur username untuk WhatsApp masih dalam tahap pengetesan. Belum diketahui secara pasti, kapan fitur ini akan dirilis untuk pengguna. Meski begitu, fitur username kemungkinan akan hadir dalam waktu dekat untuk pengguna WhatsApp Beta.

Kehadiran fitur baru ini diprediksi akan semakin memperketat perlindungan privasi bagi pengguna WhatsApp. Meski sekilas fitur ini mirip seperti fitur username dalam Telegram, WhatsApp kemungkinkan akan menghadirkan kustomisasi tambahan yang memungkinkan pengguna untuk mengatur dan membatasi siapa saja yang dapat berkomunikasi dengan mereka melalui username.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement