Selasa 05 Dec 2023 16:31 WIB

Xavi Beri Sinyal Dukungan Soal Rencana Barcelona Permanenkan Joao Felix

Barcelona meminjam Felix selama semusim penuh dari Atletico Madrid.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Gelandang serang Barcelona pinjaman dari Atletico Madrid, Joao Felix, berselebrasi usai mencetak gol.
Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Gelandang serang Barcelona pinjaman dari Atletico Madrid, Joao Felix, berselebrasi usai mencetak gol.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, menyerahkan sepenuhnya keputusan untuk mengubah status kepindahan Joao Felix ke manajemen Blaugrana. Kendati begitu, pelatih asal Spanyol itu mengaku cukup senang dengan kehadiran winger asal Portugal itu tim utama Blaugrana.

Barcelona meminjam Felix selama semusim penuh dari Atletico Madrid pada awal musim ini. Felix, yang terbuang dari tim utama Los Rojiblancos, mulai menunjukkan peningkatan performa bersama Blaugrana. Teranyar, Felix mencetak gol kemenangan Blaugrana kala menundukkan Atletico Madrid, 1-0, pada jornada ke-15 Liga Spanyol, akhir pekan lalu.

Baca Juga

Total, dari 17 penampilan di semua ajang, winger berusia 22 tahun itu sudah mengemas lima gol dan tiga assist pada musim ini. Catatan penampilan itu sudah cukup membuat manajemen Blaugrana untuk mengubah status kepindahan Felix pada akhir musim ini. Kendati begitu, Barcelona dihadapkan tantangan finansial dalam upaya mewujudkan rencana tersebut.

Pasalnya, skema peminjaman Felix ke Barcelona tidak disertai dengan opsi perekrutan permanen pada akhir masa peminjaman. Alhasil, Blaugrana setidaknya harus menyiapkan biaya transfer sekitar 70 juta euro untuk bisa merekrut Felix secara permanen pada awal musim depan.

Terlepas dari situasi tersebut, Xavi mengaku cukup senang dengan kehadiran Felix di tim utama Blaugrana. Tidak hanya mampu memberikan kontribusi di atas lapangan, eks winger Benfica itu juga dinilai bisa beradaptasi dengan baik di ruang ganti pemain. Felix pun menjadi pemain yang bisa meningkatkan kedekatan hubungan antara pemain di ruang ganti Blaugrana.

''Pertanyaan itu (mengubah status kepindahan Felix) lebih tepat dijawab oleh manajemen klub. Namun, kami senang dengan kehadirannya di tim ini. Dia meningkatkan peforma tim. Dia adalah pemain luar biasa. Dia tidak memberikan masalah di ruang ganti, bahkan malah menjadi perekat antarpemain. Saya senang memiliki dia di tim ini,'' kata Xavi seperti dikutip Mundo Deportivo, Selasa (5/12/2023).

Pernyataan ini setidaknya dapat menjadi sinyal dukungan dari Xavi buat manajemen Blaugrana untuk merekrut Felix secara permanen. Dari aspek permainan di atas lapangan, Felix dinilai bisa memberikan kontribusi positif buat klub asal Katalan tersebut.

Felix sempat menjadi bulan-bulanan kritik, terutama dari para penggawa Los Rojiblancos. Felix disebut tidak mampu tampil konsisten selama memperkuat Atletico Madrid. Namun, gol ke gawang Los Rojiblancos seolah menjadi jawaban dari Felix terkait serangan kritik tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement