Selasa 05 Dec 2023 19:48 WIB

Konflik Buruh Swedia Vs Tesla Menyebar Hingga Denmark

Pekerja transportasi dan serikat pekerja terbesar di Denmark gelar aksi solidaritas

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Konflik buruh Swedia melawan Tesla menyebar ke negara tetangga, Denmark.
Foto: Reuters
Konflik buruh Swedia melawan Tesla menyebar ke negara tetangga, Denmark.

REPUBLIKA.CO.ID, COPENHAGEN -- Konflik buruh Swedia melawan Tesla menyebar ke negara tetangga, Denmark. Pekerja transportasi bersama serikat pekerja terbesar di Denmark mengatakan mereka akan melakukan aksi solidaritas dengan para pekerja Swedia untuk melawan produsen mobil yang berbasis di Texas tersebut.

Tesla tidak memiliki serikat pekerja global, tetapi para pekerja Swedia menuntut produsen mobil tersebut menandatangani perjanjian kerja bersama, yang mana sebagian besar karyawan di Swedia memilikinya. Tesla tidak memiliki pabrik di Swedia, namun memiliki beberapa pusat layanan.

Serikat buruh Denmark, Fagligt Fælles Forbund atau yang dikenal 3F mengatakan terdapat spekulasi Tesla akan mengirimkan mobil-mobilnya ke pelabuhan Denmark dan mengangkutnya dengan truk ke Swedia setelah para pekerja dermaga Swedia memblokir penerimaan mobil-mobil Tesla di sana.

"Secara konkret, ini berarti para pekerja dermaga dan pengemudi tidak akan menerima dan mengangkut mobil-mobil Tesla yang akan dikirim ke Swedia," kata 3F dalam pernyataannya, Selasa (5/12/2023).