Rabu 06 Dec 2023 07:23 WIB

Lewat Danais, Kalurahan Tirtohargo Bantul Luncurkan Desa Maritim

Tirtohargo pada tahun 2023 mendapat Dana Keistimewaan sebesar Rp 750 juta.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Fernan Rahadi
Kalurahan Tirtohargo, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, meluncurkan Desa Maritim di Balai Kalurahan Tirtohargom, Selasa (5/12/2023). Desa Maritim ini diluncurkan untuk meningkatkan motivasi pelaku usaha di bidang perikanan dan wisata bahari.
Foto: Humas Pemkab Bantul
Kalurahan Tirtohargo, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, meluncurkan Desa Maritim di Balai Kalurahan Tirtohargom, Selasa (5/12/2023). Desa Maritim ini diluncurkan untuk meningkatkan motivasi pelaku usaha di bidang perikanan dan wisata bahari.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Kalurahan Tirtohargo, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, meluncurkan Desa Maritim di Balai Kalurahan Tirtohargom, Selasa (5/12/2023). Desa Maritim ini diluncurkan untuk meningkatkan motivasi pelaku usaha di bidang perikanan dan wisata bahari.

Lurah Tirtohargo, Sugianto, dalam sambutannya menuturkan bahwa Kalurahan Tirtohargo pada tahun 2023 mendapat Dana Keistimewaan sebesar Rp 750 juta.

"(Dana tersebut) untuk membangun kurang lebih antara lain untuk pelatihan pengolahan ikan lele dan ikan laut, sarpras wisata opak, sarpras wisata kano maritim, sarpras ekowisata mangrove, serta peluncuran desa maritim," katanya menjelaskan.

Selanjutnya, Kanjeng Pangeran Haryo Yudanegara yang hadir dalam acara ini menyampaikan apresiasinya pada Kalurahan Tirtohargo.

"Kalurahan Tirtohargo merupakan Kalurahan yang komitmen dan konsisten terhadap pengembangan di Tirtohargo. Terbukti saat ini adanya wisata maritimnya, pariwisatanya gencar, serta profit Bumkal sebanyak Rp 13,5 juta," ucapnya.

Ia menambahkan bahwa tujuan dana keistimewaan adalah untuk menyejahterakan masyarakat DIY dengan perantara pak lurah.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, menyampaikan Dana Keistimewaan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Pembangunan desa maritim mempunyai satu tujuan untuk mengembangkan suatu desa. Jadi ditetapkannya Desa Tirtohargo sebagai desa maritim itu tujuannya dengan dana keistimewaan dapat mengembangkan dan memajukan kawasan ini yang imbasnya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Joko menambahkan Desa Maritim adalah desa di wilayah pesisir atau daerah pantai yang berbatasan langsung dengan pantai, sehingga memiliki potensi yang bisa digali sedemikian rupa. Kuncinya adalah membangun sinergi yang baik, kekompakan yang baik antara pemerintah kalurahan, dengan seluruh lapisan masyarakat.

"Tirtohargo mengalami perkembangan yang signifikan dimana dapat mengelola sebuah kawasan menjadi memberi nilai lebih bagi masyarakat sekitar. Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Bantul mengapresiasi Kalurahan Tirtohargo, untuk usahanya membangun Kalurahan Tirtohargo agar masyarakatnya semakin sejahtera," katanya.

 

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement