Rabu 06 Dec 2023 05:55 WIB

Sosok Hantu yang Ditakuti dan Jadi Target Utama Perburuan Zionis Israel  

Boudia dikenal sebagai revolusioner anti zionis Israel

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Mohammad Boudia (kanan) dan mantan perdana menteri Israel Golda Meir (kiri). Boudia dikenal sebagai revolusioner anti zionis Israel
Foto: Dok Istimewa
Mohammad Boudia (kanan) dan mantan perdana menteri Israel Golda Meir (kiri). Boudia dikenal sebagai revolusioner anti zionis Israel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ternyata ada sosok underground yang ditakuti organisasi intelijen Israel, Mossad, selama ini. Mossad sampai harus merancang pembunuhan sedemikian rupa untuk menumpas orang ini. 

Sosok 'hantu' yang dimaksud ialah Muhammad Boudia lahir pada 1932 di lingkungan Bab Jadid di Kota Aljir, Aljazair. Sejak kecil, dia sudah tertarik dengan tulisan dan berbagai bentuk teater. Boudia jago menyamar dan bersembunyi. Dia juga memiliki kemampuan menulis karya sastra.

Baca Juga

Pada 1954, ketika berumur 22 tahun, Boudia bergabung dengan Institut Seni Drama Regional di Aljazair. Keadaan sosial dan profesional memaksa Boudia mengejar mimpinya dengan pindah ke Prancis. 

Namun dia tidak pernah melupakan impian kemerdekaan kolektif bangsanya, Aljazair. Sehingga ia pun bergabung dengan Federasi Front Pembebasan di Prancis. Boudia terlibat dalam beberapa operasi, yang membuat dia terluka.