Rabu 06 Dec 2023 09:03 WIB

UNU Yogyakarta Berkomitmen Jadi Kampus Inklusif

Wakil Rektor UNU Yogyakarta mengingatkan Indonesia pernah punya pemimpin difabel.

Red: Fernan Rahadi
Acara peringatan Hari Disabilitas Internasional dan Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (HAKTP) 2023 di ruang auditorium Kampus Terpadu UNU Yogyakarta, di Dowangan, Banyuraden, Sleman, DIY, Senin (4/12/2023).
Foto: UNU Yogyakarta
Acara peringatan Hari Disabilitas Internasional dan Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (HAKTP) 2023 di ruang auditorium Kampus Terpadu UNU Yogyakarta, di Dowangan, Banyuraden, Sleman, DIY, Senin (4/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Wakil Rektor UNU Yogyakarta Abdul Ghoffar mengatakan UNU Yogyakarta berkomitmen menjadi kampus inklusif. Hal tersebut coba dibuktikan melalui akses ramah difabel di kampus, seperti adanya lift dan toilet khusus untuk penyandang disabilitas.

"Kampus UNU Yogyakarta welcome kepada siapa saja, termasuk bagi teman disabilitas. Jadi teman-teman difabel tidak perlu khawatir untuk kuliah di UNU Yogyakarta," katanya di sela peringatan Hari Disabilitas Internasional dan Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (HAKTP) 2023 di ruang auditorium Kampus Terpadu UNU Yogyakarta, di Dowangan, Banyuraden, Sleman, DIY, Senin (4/12/2023).

Pada acara yang digelar Center for Gender Equality and Social Inclusion (GESI) dan Pusat Studi Kependudukan dan Kesejahteraan Keluarga (PUSDEKA) tersebut terdapat penampilan anak-anak disabilitas serta peluncuran buku Arunika dalam Gulita serta kumpulan puisi dari 26 penulis difabel netra dari berbagai wilayah di Indonesia.

 

Acara ini dihadiri ratusan peserta yang terdiri dari akademisi, pegiat, dan penyandang disabilitas. Hadir pula Komunitas Difabel Amanah yang datang dari Semarang dengan berbagai keterbatasan. Agenda ini menggandeng MAN 4 Sleman dan Briliant Study Club.

Saat ini, UNU Yogyakarta juga telah menerima sejumlah mahasiswa difabel, terutama difabel tuli. Sejak proses penerimaan mahasiswa baru, hingga kini menjalani kuliah, mereka mendapat pendampingan pembelajaran dan pelatihan khusus supaya tak tertinggal mengikuti kuliah.

Selain itu, dalam setiap penyelenggaraan acara, seperti seminar dan kuliah umum, UNU Yogyakarta juga menyediakan pendamping untuk penyandang disabilitas, seperti juru bahasa isyarat (JBI).  

Abdul Ghoffar pun menjelaskan melalui upaya ini UNU Yogyakarta memberikan akses untuk semua, sehingga ke depan lahir pemimpin dan profesional dari berbagai kalangan, tak terkecuali bagi difabel.

"Jangan lupa, kita pernah punya Presiden (Abdurrahman Wahid) dan Ibu Negara difabel. Ini saya kira yang membuat teman-teman difabel tidak perlu berkecil hati karena Allah memberikan anugerah kepada siapapun," lanjutnya.

Adapun Direktur Center for GESI Wiwin Rohmawati menyatakan, angka kekerasan terhadap perempuan di Indonesia masih tinggi, bahkan cenderung meningkat. Komnas Perempuan mencatat, pada 2021, ada 4.322 pengaduan langsung kekerasan terhadap perempuan dan meningkat menjadi 4.371 kasus pada 2022. 

Kekerasan berbasis gender, baik fisik maupun psikologis, di lingkungan perguruan tinggi, menempati urutan pertama yakni 35 persen dari seluruh kasus yang dilaporkan. 

Peringatan HAKTP juga tidak dapat dipisahkan dari kelompok rentan dan marginal, seperti difabel, transgender, transseksual, penderita HIV/AIDS, anak dan remaja, lansia, orang dengan gangguan psikososial, dan kelompok minoritas lainnya yang mendapat diskriminasi serta kekerasan.

"Di tengah kondisi yang tidak berpihak, karena adanya stigma, diskriminasi, dan kekerasan, mereka membutuhkan resiliensi suatu daya tahan atau daya lenting," kata Wiwin.

Menurutnya,  peringatan HAKTP setiap tahun menjadi signifikan dalam rangka pendidikan, penyadaran, dan advokasi kebijakan terkait isu-isu yang masih dihadapi oleh perempuan dan kelompok-kelompok rentan lainnya.

"Oleh karena itu, UNU Yogyakarta berupaya serius menciptakan kampus yang berkesetaraan gender, inklusif, dan bebas dari kekerasan seksual melalui berbagai program, salah satunya rangkaian peringatan HAKTP 2023," ujar Wiwin.

Kepala Pusdeka Rindang Farihah menambahkan, kasus kekerasan seksual yang cenderung meningkat dalam beberapa tahun terakhir, salah satunya disebabkan problem kesehatan mental, khususnya pada anak muda. 

"Korban kekerasan seksual juga rentan mengalami trauma dan depresi. Fakta ini mendorong Pusdeka UNU Yogyakarta melakukan pencegahan kekerasan seksual yang efektif adalah dengan meningkatkan kualitas kesehatan mental," ujarnya.

Ia menekankan, keluarga memiliki peran sangat penting. Namun sebagian besar anak muda di Yogyakarta terutama mahasiswa tinggal jauh dari keluarga. Berangkat dari kondisi ini  Klinik Konsultasi Keluarga dan Anak Muda (Klinik K2+) kampus UNU Yogyakarta melakukan upaya-upaya penguatan ketahanan mental mahasiswa. 

"Upaya ini bagian dari menciptakan UNU Yogyakarta sebagai kampus yang inklusif, aman dan nyaman untuk siapa saja," jelas Rindang.

Dalam rangkaian agenda tersebut, pada hari kedua, Selasa (5/12/2023), UNU Yogyakarta menggelar webinar nasional 'Anjangsana Srikandi: Urun Rembug Implementasi UU TPKS' bekerja sama dengan Sentra Advokasi Perempuan, Difabel dan Anak (SAPDA) dan didukung oleh Kementerian PPPA dan Australia-Indonesia Partnership for Justice 2. 

Sedangkan pada Rabu (6/12/2023) dihelat dua talkshow, yakni 'Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus: Berbagai Kasus serta Penanganannya' dan 'Resiliensi Kelompok Rentan dan Marginal dalam Menghadapi Diskriminasi dan Kekerasan'. Kegiatan ini bekerja sama dengan PKBI DIY, PR YAKKUM, Rifka Annisa, dan DP3AP2 DIY. 

Selain itu, sebagai bagian dari edukasi, diselenggarakan juga lomba pembuatan konten kreatif Instagram khusus untuk mahasiswa UNU Yogyakarta. Lima pemenang lomba diumumkan pada saat acara talkshow.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَوْلَا فَضْلُ اللّٰهِ عَلَيْكَ وَرَحْمَتُهٗ لَهَمَّتْ طَّاۤىِٕفَةٌ مِّنْهُمْ اَنْ يُّضِلُّوْكَۗ وَمَا يُضِلُّوْنَ اِلَّآ اَنْفُسَهُمْ وَمَا يَضُرُّوْنَكَ مِنْ شَيْءٍ ۗ وَاَنْزَلَ اللّٰهُ عَلَيْكَ الْكِتٰبَ وَالْحِكْمَةَ وَعَلَّمَكَ مَا لَمْ تَكُنْ تَعْلَمُۗ وَكَانَ فَضْلُ اللّٰهِ عَلَيْكَ عَظِيْمًا
Dan kalau bukan karena karunia Allah dan rahmat-Nya kepadamu (Muhammad), tentulah segolongan dari mereka berkeinginan keras untuk menyesatkanmu. Tetapi mereka hanya menyesatkan dirinya sendiri, dan tidak membahayakanmu sedikit pun. Dan (juga karena) Allah telah menurunkan Kitab (Al-Qur'an) dan Hikmah (Sunnah) kepadamu, dan telah mengajarkan kepadamu apa yang belum engkau ketahui. Karunia Allah yang dilimpahkan kepadamu itu sangat besar.

(QS. An-Nisa' ayat 113)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement