Kamis 07 Dec 2023 16:28 WIB

Banyak Gunung Api di Indonesia, Ini Hikmah yang Bisa Dipetik 

Indonesia memiliki banyak gunung berapi.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Warga melihat kebakaran Gunung Merbabu di Jlarem, Gladagsari, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (28/10/2023).  Balai Taman Nasional Gunung Merbabu menutup semua jalur pendakian Gunung Merbabu akibat terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut.
Foto: ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Warga melihat kebakaran Gunung Merbabu di Jlarem, Gladagsari, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (28/10/2023). Balai Taman Nasional Gunung Merbabu menutup semua jalur pendakian Gunung Merbabu akibat terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Di wilayah Indonesia terdapat banyak gunung api, tidak sedikit gunung api yang masih aktif. Gunung juga banyak disebutkan di dalam Alquran. Lantas apa hikmah yang bisa dipetik oleh masyarakat yang tinggal di kawasan yang terdapat banyak gunung api?

Anggota Departemen Kaderisasi Pemuda dan Remaja Masjid pada Dewan Masjid Indonesia (DMI), Ahmad Syarifudin menyampaikan, masyarakat Indonesia perlu mengetahui bahwa negara Indonesia secara geografis terletak di wilayah lingkaran api pasifik yang dikenal sebagai cincin api pasifik. Karena Indonesia berada di pertemuan tiga lempeng tektonik yakni lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia dan lempeng Pasifik. 

Baca Juga

"Pertemuan tiga lempeng tersebut membuat wilayah Indonesia memiliki banyak gunung api, ada banyak juga gunung api yang masih aktif," kata Syarifudin kepada Republika, Kamis (7/12/2023)

Syarifudin mengatakan, banyaknya gunung membuat suatu wilayah menjadi subur. Tapi wilayah di sekitar gunung api juga menjadi rawan gempa vulkanik. Di Indonesia, selain rawan gempa dan letusan gunung api juga rawan tsunami.