Jumat 08 Dec 2023 10:44 WIB

Ini Pertanda Orang Sudah Kebanyakan Makan Gorengan

Kebanyakan makan gorengan bisa memengaruhi kesehatan.

Red: Reiny Dwinanda
Aneka gorengan. Terlalu banyak mengonsumsi gorengan dapat membuat berat badan naik.
Foto: Dok. Thai Alley
Aneka gorengan. Terlalu banyak mengonsumsi gorengan dapat membuat berat badan naik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apa tanda seseorang sudah kebanyakan makan gorengan? Dokter spesialis gizi klinis, Yohan Samudra, mengungkapkan orang dengan berat badan yang mulai bertambah mungkin bisa mencurigai penyebabnya ialah terlalu banyak konsumsi hidangan yang digoreng alias gorengan.

"Pastinya kalau mulai ada penambahan berat badan, mungkin gorengannya kebanyakan karena ada karbohidrat juga di gorengan dan ada minyak," kata Yohan di Jakarta, Kamis (8/12/2023).

Baca Juga

Yohan yang lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang, itu mengatakan kalori dalam minyak lebih tinggi hampir dua kali lipat dibandingkan karbohidrat dan protein. Satu gram karbohidrat dan protein total kalorinya empat, maka pada minyak total kalorinya sekitar sembilan kalori.

Tak hanya berat badan bertambah, terlalu banyak konsumsi makanan yang digoreng atau mengandung minyak dan lemak juga dapat memunculkan masalah metabolik seperti kolestrol, diabetes, dan hipertensi.

Hanya saja, khusus untuk kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) yang dapat meningkatkan risiko penyakit seperti penyakit jantung, tak ada gejala khusus saat kadarnya meningkat. Oleh karena itu, pemeriksaan laboratorium menjadi langkah yang disarankan untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh.

"Enggak ada gejala yang khas untuk kolesterol tinggi. Kalau misalnya LDL tinggi, maka sudah pasti, lemak atau minyak yang jelek yang kebanyakan. HDL atau High Density Lipoprotein banyak maka lemak yang kita konsumsi cukup baik kondisinya atau pilihannya (lemak tak jenuh)," jelas Yohan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement