Selasa 12 Dec 2023 08:05 WIB

Biden Undang Zelenskyy ke Pertemuan di Gedung Putih

Keduanya akan membahas kebutuhan mendesak Ukraina

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Presiden AS Joe Biden mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy ke pertemuan di Gedung Putih
Foto: AP Photo/Evan Vucci
Presiden AS Joe Biden mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy ke pertemuan di Gedung Putih

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden AS Joe Biden mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy ke pertemuan di Gedung Putih pada Selasa (12/12/2023). Mereka akan membahas perang yang sedang berlangsung melawan Rusia dan "pentingnya" dukungan AS yang berkelanjutan terhadap upaya pertahanan Ukraina.

Dalam pernyataanya, Ahad (10/12/2023) Gedung Putih mengatakan keduanya akan mendiskusikan "kebutuhan-kebutuhan mendesak" yang dihadapi Ukraina. Pertemuan ini terjadi ketika Gedung Putih berusaha mencapai kesepakatan dengan Kongres yang akan memberikan bantuan militer untuk Ukraina dan Israel.

Baca Juga

Di aplikasi kirim-pesan Telegram kantor Kepresidenan Ukraina mengatakan Zelenskyy akan tiba di Washington pada Senin (11/12/2023). Ia akan bertemu dengan Biden dalam kunjungan kerja yang akan mencakup "serangkaian pertemuan dan diskusi."

Seorang staf pimpinan Senat mengatakan Zelenskyy juga diundang untuk berpidato di hadapan para senator AS pada hari Selasa pukul 9 pagi waktu setempat di Capitol Hill.

Dalam pernyataan tertulis juru bicara Johnson, Raj Shah, mengatakan dalam pertemuan pribadi antara Zelenskyy dan Ketua House of Representative AS Mike Johnson juga akan diadakan di Capitol pada hari Selasa.

Topik-topik utama selama kunjungan Zelenskyy akan mencakup kerja sama pertahanan antara Amerika Serikat dan Ukraina, "terutama melalui proyek-proyek bersama dalam produksi senjata dan sistem pertahanan udara, serta koordinasi upaya-upaya antara negara-negara kita di tahun mendatang," kata kantor Zelenskiy. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement