REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiktok resmi menggandeng e-commerce Tokopedia agar Tiktok Shop bisa kembali beroperasi di Indonesia. Raksasa asal China itu pun mengungkapkan alasannya memilih Tokopedia sebagai parner.
Executive Director of E-commerce Indonesia Tiktok Stephanie Susilo menjelaskan, Tiktok dan Tokopedia memiliki visi dan misi sama guna menjunjung tinggi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal.
"Kami akan terus bekerja sama," ujarnya kepada wartawan di Tokopedia Tower, Jakarta, Selasa (12/12/2023).
Dirinya menuturkan, kerja sama dengan Tokopedia ini merupakan proses berkelanjutan. Hanya saja, ia masih menjelaskan lebih rinci terkait kolaborasi tersebut.
Stephanie pun belum bisa menjawab soal kemungkinan adanya entitas baru setelah kerja sama ini berjalan. Perlu diketahui, kolaborasi ini diberikan masa percobaan selama tiga sampai empat bulan ke depan.
"Ini proses berkelanjutan. Jadi kami terus akan usung UMKM lokal," katanya.
Direktur GOTO sekaligus Presiden Tokopedia Melissa Siska Juminto menambahkan, kerja sama antara Tokopedia dan Tiktok sekarang masih dalam tahap uji coba. Dirinya nenyatakan, Tokopedia dan Tiktok akan berusaha memenuhi syarat sekaligus menaati peraturan pemerintah, terutama Permendag Nomor 31 Tahun 2023.
"Nanti produknya seperti apa pasti akan terus kami update. Kami masih bertahap untuk ngobrol lebih dalam," tutur dia pada kesempatan serupa.