Selasa 12 Dec 2023 17:38 WIB

Tiga Keutamaan Sholat Sunnah Rawatib, Salah Satunya Mengungguli Dunia

Rasulullah saw selalu menjaga sepuluh rakaat sholat sunnah.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi sujud / sholat
Foto: Dok Republika
Ilustrasi sujud / sholat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sholat Rawatib adalah sholat sunnah yang mengiringi sholat ardhu lima waktu. Sholat Rawatib dilakukan sebelum atau sesudah sholat fardhu.

Sholat sunnah yang dilakukan sebelum sholat fardhu disebut sholat sunnah Qabliyah, sedangkan sholat sunnah yang dikerjakan setelah sholat fardhu disebut shalat sunnah Ba'diyah.

Baca Juga

Salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar menyatakan, Rasulullah saw selalu menjaga sepuluh rakaat sholat sunnah, yaitu dua rakaat sebelum sholat Dzuhur, dua rakaat setelahnya, dua rakaat setelah sholat Maghrib, dua rakaat setelah sholat Isya, dan dua rakaat sebelum sholat Subuh. (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Dikutip dari buku Ternyata Shalat dan Puasa Sunah dapat Mempercepat Kesuksesan Ceceng Salamudin mengatakan, sholat rawatib mempunyai keutamaan yang luar biasa, berdasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Siti Aisyah dan Abu Hurairah. Berikut ini tiga keutamaan sholat Rawatib.

Tiga Keutamaan Sholat Rawatib

1. Mengungguli Dunia dan Segala Isinya

Keutamaan ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Siti Aisyah. Aisyah ra berkata, "Rasulullah Saw tidak pernah memperhatikan shalat-shalat sunnah melebihi perhatiannya terhadap dua rakaat Fajar." (Muttafaq Alaih). Adapun menurut hadits riwayat Muslim, "Dua rakaat Fajar itu lebih baik daripada dunia dan seisinya."

Dua hadits ini menegaskan betapa pentingnya kita melakukan shalat sunnah Fajar (sebelum shalat Subuh) karena pahalanya mengungguli kehidupan dunia dan segala isinya.

Dibacakan shalawat oleh malaikat...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement