Selasa 12 Dec 2023 17:46 WIB

Hati-Hati Jika Ada Titik Hijau Menyala di Layar, Cek Deretan Tanda Ponsel Anda Diretas

Perangkat terlalu panas atau lampu hijau acak di layar bisa jadi tanda peretasan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada sejumlah tanda ponsel mengalami peretasan yang bisa diwaspadai (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Ada sejumlah tanda ponsel mengalami peretasan yang bisa diwaspadai (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Penjahat dunia maya mungkin hidup dalam bayang-bayang dunia digital, namun seorang peretas profesional bersedia memberikan tanda-tanda bahwa mereka mengintai di ponsel cerdas Anda.

Peretas 'baik hati' Laura Kankaala dilatih untuk bersikap etis tetapi menggunakan teknik khusus untuk membantu kebanyakan orang tetap aman. Laura, yang merupakan Threat Intelligence Lead for Finnish di perusahaan keamanan siber Finlandia F-Secure, memperingatkan bahwa perangkat yang terlalu panas atau lampu hijau acak di layar bisa berarti seseorang sedang mengawasi Anda. 

Baca Juga

Tanda-tanda lainnya termasuk email dan panggilan telepon tertentu yang membuat Anda bosan.

Kankaala memimpin 'white hat' Finlandia (sebagai lawan dari 'black hats' yang kriminal) yang meretas kolektif KyberVPK dan telah muncul di serial TV di mana dia meretas segala hal mulai dari perangkat rumah pintar hingga mobil.

"Sebagai peretas etis, Anda akan mengetahui seseorang ada di dalam ponsel Anda karena saya akan memberi tahu Anda dan membantu Anda menghapus akses saya," katanya seperti dilaporkan laman Daily Mail, Selasa (12/12/2023).

Berikut ciri ponsel yang diretas menurut peretas profesional Laura Kankaala.

 

1. Sebuah titik muncul di layar

"Jika Anda melihat titik hijau di layar Android atau titik oranye di iPhone, itu bisa menjadi tanda peringatan bahwa Anda telah diretas, atau seseorang telah memasang aplikasi cerdik di ponsel Anda," kata Kankaala.

Dia mengatakan bahwa titik-titik peringatan ini muncul ketika mikrofon atau kamera perangkat sedang digunakan dan ini bisa menjadi tanda peringatan bahwa ponsel menjalankan perangkat lunak berbahaya yang dimaksudkan untuk memata-matai orang.

"Malware dapat merekam audio dengan mikrofon Anda, membaca pesan Anda atau melacak lokasi Anda," kata Kankaala.

Penjahat dunia maya dapat menggunakan malware seperti ini atau bahkan orang yang melakukan kekerasan yang Anda kenal dalam bentuk penguntit.

Meninjau aplikasi Anda dan menghapus aplikasi yang tidak dikenal dapat membantu, atau mencoba mengatur ulang ponsel Anda ke pabrik atau menjalankan aplikasi pemindaian virus, saran Kankaala.

Di iPhone, Anda dapat memeriksa aplikasi mana yang menggunakan kamera atau mikrofon dengan masuk ke Control Center ponsel dan meninjau ikon titik di bagian atas. Ini akan mengungkapkan aplikasi mana yang menggunakan mikrofon, kamera, atau lokasi Anda.

Anda juga dapat masuk ke Setting dan mengaktifkan App Privacy Report untuk melihat log aplikasi mana yang telah menggunakan 'izin' sensitif Anda dan kapan.

 

2. Ponsel Anda memanas

"Telepon yang memanas bisa menjadi tanda peringatan bahwa perangkat lunak berbahaya telah diinstal," kata Kankalaa.

Setiap kali berbagi lokasi berkelanjutan diaktifkan, ponsel Anda mungkin akan kehabisan baterai dengan cepat tanpa alasan yang jelas dan Anda dapat merasakan ponsel Anda memanas.

Anda mungkin menemukan aplikasi-aplikasi aneh yang Anda lupa pernah menginstalnya di ponsel Anda atau aplikasi-aplikasi yang mungkin Anda unduh secara tidak sengaja di luar toko aplikasi resmi, misalnya, seseorang mengirimi Anda pesan teks yang mendesak Anda untuk mengunduh sebuah aplikasi.

Terkadang aplikasi ini mencoba menyamarkan dirinya dan mengubah nama aplikasi menjadi sesuatu yang menyerupai pengaturan ponsel atau apa pun yang membuat Anda merasa aplikasi tersebut sah. "Mungkin juga sulit, bahkan tidak mungkin, untuk menghapus aplikasi ini secara langsung."

 

3. Anda mendapatkan email dari aplikasi media sosial

Jika Anda mulai menerima email dari bank atau aplikasi media sosial yang menanyakan apakah Anda ingin mengubah kata sandi, itu bisa menjadi tanda bahwa kredensial Anda telah dicuri.

Penjahat dapat melakukan ini melalui serangan phishing, di mana korban dibujuk untuk mengunjungi situs web palsu. "Sangat penting untuk bertindak cepat," saran Kankalaa.

Penyerang belum tentu melakukan pencurian data dari ponsel Anda, bisa jadi mereka telah mencuri akses ke layanan online Anda seperti email penting atau kredensial iCloud, atau bahkan aplikasi media sosial yang sebagian besar Anda gunakan melalui ponsel. "Jika seseorang dengan niat kriminal telah mencuri kredensial Anda, Anda mungkin akan menyadarinya ketika akses ke layanan Anda diblokir setelah mereka mengubah kata sandi Anda."

 

4. Bank menelepon Anda

Peretas tidak perlu memasang aplikasi cerdik untuk menargetkan Anda di ponsel dan sering kali menyerang menggunakan panggilan dan SMS.

Meskipun nomor yang ditampilkan benar untuk bank Anda, hal tersebut tetap bisa merupakan penipuan. "Salah satu cara termudah untuk menargetkan orang-orang yang menggunakan ponsel dengan berbagai jenis penipuan adalah melalui pesan teks dan panggilan telepon!''kata Kankalaa.

Sangat mudah untuk meniru nomor telepon lembaga keuangan atau pihak terkenal lainnya dan mencoba memanipulasi Anda untuk melakukan sesuatu yang bertentangan dengan kepentingan terbaik Anda,misalnya, melakukan transaksi moneter instan atau memberikan kredensial Anda ke layanan daring.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement