Selasa 12 Dec 2023 19:48 WIB

UI Gandeng Pemuka Agama Percepat Penurunan Stunting

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan literasi gizi para pemuka agama.

Red: Ani Nursalikah
Sejumlah siswa mengikuti kegiatan gerakan makan telur dan minum susu guna mencegah stunting.
Foto: ANTARA FOTO/Henry Purba
Sejumlah siswa mengikuti kegiatan gerakan makan telur dan minum susu guna mencegah stunting.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) menggandeng para pemuka agama seperti dai, kiai, dan ustadz melalui pengabdian masyarakat dengan tema Peningkatan Literasi Gizi pada Pemuka Agama dalam Rangka Penurunan Stunting di Kabupaten Lebak, Banten.

Ketua Pengmas FKM UI Asih Setiarini mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan literasi gizi para pemuka agama, sehingga nantinya dapat dijadikan sebagai salah satu topik ceramah keagamaan dan memberikan pesan-pesan kepada masyarakat tentang gizi serta langkah pencegahan stunting.

Baca Juga

"Dalam melakukan intervensi diperlukan keterlibatan berbagai pihak, termasuk key opinion leader, seperti tokoh yang berperan dalam menebarkan pendidikan agama dan menjadi teladan di tengah masyarakat," Selasa (12/12/2023).

Pada pelaksanaannya, kegiatan pengmas ini diawali dengan pre-test dan pemberian materi kepada 17 dai, kiai, dan ustadz setempat. Materi yang disampaikan meliputi pengertian stunting, mengapa pencegahan stunting penting, cara pengukuran stunting, dampak stunting, penyebab stunting, dan gizi seimbang.