Selasa 12 Dec 2023 23:49 WIB

BMKG Ingatkan Warga Waspadai Cuaca Ekstrem Hingga 14 Desember di Sulawesi Utara

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di beberapa kabupaten dan kota.

Red: Qommarria Rostanti
Cuaca ekstrem (ilustrasi). BMKG mengingatkan warga agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem hingga 14 Desember 2023 di Provinsi Sulawesi Utara.
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Cuaca ekstrem (ilustrasi). BMKG mengingatkan warga agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem hingga 14 Desember 2023 di Provinsi Sulawesi Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem hingga 14 Desember 2023 di Provinsi Sulawesi Utara.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di beberapa kabupaten dan kota," sebut Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle, di Manado, Selasa (12/12/2023).

Baca Juga

BMKG, kata dia, akan terus memutakhirkan informasi peringatan dini cuaca di kabupaten dan kota agar bisa diakses masyarakat ataupun pemangku kepentingan terkait. "Masyarakat dapat memanfaatkan informasi kami melalui kanal-kanal informasi yang terverifikasi," ujarnya.

Dia berharap warga berhati-hati apabila melakukan aktivitas saat cuaca ekstrem yang dapat menyebabkan banjir, tanah longsor ataupun pohon tumbang. "Waspadai potensi-potensi bencana yang berpeluang terjadi saat kondisi cuaca ekstrem akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," ajaknya.

Pada 13 Desember potensi cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Sementara pada 14 Desember berpeluang terjadi di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement