Rabu 13 Dec 2023 11:46 WIB

Bank Digital Mudahkan Keluarga Muda Merencanakan Keuangan

Perencanaan keuangan bertujuan menyiapkan masa depan yang lebih baik.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Fuji Pratiwi
Merencanakan keuangan (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Merencanakan keuangan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Founder Sakinah Finance Murniati Mukhlisin menjelaskan, perencanaan keuangan bertujuan mempersiapkan masa depan yang lebih baik serta dapat memenuhi impian keuangan. Perencanaan yang baik dapat mengatasi keuangan terutama keluarga muda yang sebagian menganggap sepele persoalan utang.

Tidak hanya konvensional, perencanaan keuangan juga dapat diterapkan dengan prinsip-prinsip keislaman atau sesuai syariah. Merencanakan keuangan secara syariah orientasinya adalah tauhid. Keluarga Muslim percaya hartanya adalah amanah dari Allah SWT yang menjadi alat untuk mencapai kesuksesan dunia dan akhirat.

Baca Juga

"Maka dari itu, kita harus menjadikan perencanaan keuangan dalam rangka mencapai tujuan-tujuan syariah (maqashid syari'ah) yaitu dalam hal perlindungan agama, jiwa, akal, keturunan, harta, harga diri, dan lingkungan," jelas wanita yang akrab disapa Madam Ani ini kepada Republika, Senin (13/11/2023).

Kata Murniati, merencanakan keuangan mengikuti prinsip syariah merupakan salah satu cara agar apapun status keuangan seseorang dapat memberikan ketenangan dalam keluarga serta menjadi pemberat timbangan amal dimana di hari kiamat nanti akan diperhitungkan.