Kamis 14 Dec 2023 13:39 WIB

Harga Cabai Masih Tinggi, Disperindag Jabar Sebut akan Ada Panen Raya

Adanya panen raya cabai diharapkan dapat menurunkan harga di pasaran.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat Noneng Komara meninjau pelaksanaan Optimalisasi Pusat Distribusi untuk Pengendalian Inflasi di Kelurahan Gununggede, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Rabu (13/12/2023).
Foto: Republika/Bayu Adji P
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat Noneng Komara meninjau pelaksanaan Optimalisasi Pusat Distribusi untuk Pengendalian Inflasi di Kelurahan Gununggede, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Rabu (13/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA — Harga sejumlah jenis cabai di beberapa daerah wilayah Provinsi Jawa Barat (Jabar) masih terpantau tinggi. Di Kota Tasikmalaya, misalnya, harga cabai merah besar masih berkisar Rp 100 ribu per kilogram.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jabar Noneng Komara Nengsih mengatakan, pihaknya telah berupaya memberikan subsidi terkait komoditas cabai ini di Kota Bandung, beberapa waktu lalu. Menurut dia, upaya tersebut dapat membantu mereduksi harga cabai di pasaran.

Baca Juga

“Kami juga melakukan di beberapa tempat. Beberapa daerah kabupaten/kota juga melakukan subsidi. Mudah-mudahan itu bisa mereduksi harga cabai,” kata Noneng, saat berkegiatan di Kota Tasikmalaya, Jabar, Rabu (13/12/2023).

Noneng mengharapkan harga komoditas tersebut di pasaran akan turun seiring dengan panen cabai. Menurut dia, panen cabai sudah berlangsung di Kabupaten Majalengka dan rencananya ada juga di Garut.

“Jadi, panen sudah cukup banyak. Minggu depan juga, insyaallah, akan ada panen raya di Garut. Mudah-mudahan itu bisa mengatasi harga cabai,” ujar dia.

Menurut Noneng, Disperindag Jabar akan berupaya memastikan komoditas cabai ini terdistribusi dengan baik. Ia mengatakan, pihaknya juga mengupayakan agar jalur pendistribusiannya tidak terlalu panjang, sehingga dapat mengurangi harga cabai. “Itu yang akan kami cut, sehingga harga bisa terkendali,” katanya.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَهُوَ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءًۚ فَاَخْرَجْنَا بِهٖ نَبَاتَ كُلِّ شَيْءٍ فَاَخْرَجْنَا مِنْهُ خَضِرًا نُّخْرِجُ مِنْهُ حَبًّا مُّتَرَاكِبًاۚ وَمِنَ النَّخْلِ مِنْ طَلْعِهَا قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ وَّجَنّٰتٍ مِّنْ اَعْنَابٍ وَّالزَّيْتُوْنَ وَالرُّمَّانَ مُشْتَبِهًا وَّغَيْرَ مُتَشَابِهٍۗ اُنْظُرُوْٓا اِلٰى ثَمَرِهٖٓ اِذَٓا اَثْمَرَ وَيَنْعِهٖ ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكُمْ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ
Dan Dialah yang menurunkan air dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma, mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya pada waktu berbuah, dan menjadi masak. Sungguh, pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.

(QS. Al-An'am ayat 99)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement