Kamis 14 Dec 2023 20:10 WIB

Penjelasan Mengapa Rezeki Manusia Dijamin Allah SWT

Setiap makhluk telah dijamin Allah SWT rezeki mereka.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Uang Rupiah
Foto: dok. Pixabay
Ilustrasi Uang Rupiah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran mengabadikan janji Allah SWT terkait rezeki yang diperuntukkan bagi seluruh makhluk-Nya. Hal ini terdapat dalam Surat Hud ayat 6:

۞ وَمَا مِنْ دَاۤبَّةٍ فِى الْاَرْضِ اِلَّا عَلَى اللّٰهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۗ كُلٌّ فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ

Baca Juga

"Dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)." QS. Hud ayat 6)

Prof Dr Quraish Shihab melalui kitab tafsirnya, Tafsir Al-Mishbah, menjelaskan Allah SWT memiliki pengetahuan yang menyeluruh dan mencakup sesuatu yang terkecil. Kekuasaan dan nikmat-Nya mencakup semua makhluk, sebab pengetahuan-Nya bergandengan dengan kekuasaan-Nya.

"Ayat ini menegaskan bahwa dan bukan hanya mereka yang kafir dan munafik yang diketahui keadaannya dan dianugerahi rezeki-Nya itu, tetapi semua makhluk," jelasnya.

Tidak ada suatu binatang melata pun di permukaan dan di dalam perut bumi, kecuali telah dijamin Allah SWT ihwal rezekinya yang layak sesuai habitat dan lingkungannya dengan menghamparkan rezeki itu.

Hewan-hewan itu hanya dituntut bergerak mencarinya, dan Allah mengetahui tempat berdiamnya binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata, yakni tertampung dalam pengetahuan Allâh SWT yang meliputi segala sesuatu atau termaktub dalam Lauh al-Mahfûzh.

Setiap makhluk telah dijamin...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement