Sabtu 16 Dec 2023 09:24 WIB

Ini Alasan Perlu Mengecek Dulu Rem Mobil Sebelum Berangkat Liburan

Salah satu yang sering luput dari pemeriksaan adalah mengecek cairan rem.

Red: Indira Rezkisari
Pastikan mengecek dulu kesehatan dari mobil terutama pada bagian pengereman sebelum berlibur.
Foto: www.freepik.com
Pastikan mengecek dulu kesehatan dari mobil terutama pada bagian pengereman sebelum berlibur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebelum berlibur bersama dengan keluarga menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya cek dulu kesehatan dari mobil terutama pada bagian pengereman. Pengecekan sistem pengereman memang sering luput dari kesadaran para pemilik kendaraan, ketika ingin digunakan dalam jarak yang jauh atau ketika digunakan bersama dengan orang terkasih.

Salah satu yang sering luput dari pemeriksaan adalah mengecek cairan rem itu sendiri. Sebab, carian rem merupakan salah satu faktor vital rangkaian proses kerja sistem pengereman dari kendaraan baik roda empat maupun roda dua.

Baca Juga

“Secara singkat, fungsi utama dari cairan rem sebagai fluida pada sistem hidrolik untuk mentransfer tekanan dari pedal atau tuas rem menuju piston di kaliper,” kata Manager Promosi PT Autochem Industry, Dhany Ekasaputra dalam keterangan resminya, Sabtu (16/12/2023).

Menurut Dhany, bahan-bahan yang terkandung dalam cairan tersebut memiliki karakter yang perlu diganti secara berkala. Karena jika cairan rem tercampur air sebanyak tiga persen saja, akan menurunkan titik didih hingga lebih dari 100 derajat Celcius.