Sabtu 16 Dec 2023 23:50 WIB

Kemenkes Imbau Masyarakat Lengkapi Vaksinasi Covid-19

Kasus Covid-19 di Indonesia saat ini menunjukkan adanya tren peningkatan.

Red: Fuji Pratiwi
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis keempat ke warga di Yayasan Dana Sosial Priangan, Jalan Nana Rohana, Bandung Kulon, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Senin (13/2/2023).
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis keempat ke warga di Yayasan Dana Sosial Priangan, Jalan Nana Rohana, Bandung Kulon, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Senin (13/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan mengimbau masyarakat untuk segera melengkapi dosis vaksinasi Covid-19, sebagai upaya mengantisipasi lonjakan kasus saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Masyarakat diimbau untuk segera melengkapi dosis vaksin Covid-19, segera datangi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat di Puskesmas atau Kantor Kesehatan Pelabuhan, jangan ditunda tunda," kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (16/12/2023).

Baca Juga

Aturan untuk melengkapi dosis vaksinasi Covid-19 itu tertuang dalam Surat Edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor IM.02.04/C/4864/2023 tertanggal 15 Desember 2023.

Ia mengatakan situasi Covid-19 di Indonesia saat ini menunjukkan adanya tren peningkatan kasus sejak pekan ke-41 atau periode 8-14 Oktober 2023. Data hingga Jumat (15/12/2023), menunjukkan kasus konfirmasi Covid-19 sebanyak 336 atau meningkat dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Karena itu, kata dia, perlu ada upaya pencegahan penularan yang dilakukan serentak oleh seluruh elemen masyarakat, salah satunya vaksinasi. "Bagi masyarakat, terutama lansia dan dewasa yang memiliki komorbid serta penyandang imunokompromais, yang sudah pernah memperoleh vaksinasi Covid-19 minimal 6-12 bulan yang lalu, dapat diberikan satu dosis vaksin Covid-19," kata Maxi.

Ia menjelaskan, status vaksinasi dapat dicatatkan dalam Pcare Vaksinasi selama masa transisi, selanjutnya dapat dicatatkan dalam Aplikasi Sehat Indonesiaku ASIK dan melalui SIM RS SIMPUS atau sistem pencatatan lain yang terintegrasi dalam SATUSEHAT.

Sertifikat vaksinasi dapat diunduh pada aplikasi SATUSEHAT Mobile. Apabila terdapat kendala dalam penginputan dapat mengirimkan email ke [email protected].

Selain melindungi diri dengan vaksinasi, Dirjen Maxi juga meminta masyarakat untuk menerapkan penggunaan masker saat sakit atau pada tempat umum yang beresiko penularan Covid-19. Masyarakat diminta selalu mempraktikkan kebiasaan mencuci tangan guna memberikan perlindungan optimal dari penularan Covid-19.

"Segera periksakan diri jika sakit dan memiliki gejala Covid-19 seperti demam, batuk, pilek, sesak nafas, dan kalau tes Covid-19 positif lakukan isolasi," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement