Senin 18 Dec 2023 09:45 WIB

Tebet Eco Park Tampil Beda, Tambah Cantik dengan Lukisan Karya Anak Berkebutuhan Khusus

Lukisan dan desain tangan anak berkebutuhan khusus dipamerkan di Tebet Eco Park.

Red: Qommarria Rostanti
Karya seni lukisan dan desain grafis buah tangan anak berkebutuhan khusus (ABK) mewarnai Tebet Eco Park, Jakarta Selatan, pada akhir pekan lalu.
Foto: Dok. Yayasan Griya Filoksenia Kreatif
Karya seni lukisan dan desain grafis buah tangan anak berkebutuhan khusus (ABK) mewarnai Tebet Eco Park, Jakarta Selatan, pada akhir pekan lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seratus karya seni lukisan dan desain grafis buah tangan anak berkebutuhan khusus (ABK) mewarnai Tebet Eco Park, Jakarta Selatan, pada akhir pekan lalu. Keberadaan karya seni itu untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh setiap 3 Desember.

Ketua Yayasan Griya Filoksenia Kreatif, Romima S Himawan, mengatakan pameran karya seni bertajuk "Sinfoni Dalam Keterbatasan" itu hasil kolaborasi bersama Wartawan Jakarta Selatan (WJS) dan didukung oleh Pemerintah Kota Jakarta Selatan serta Jurnalis Indonesia Peduli (JIP). "Sinfoni adalah kata yang berasal dari bahasa Italia, yaitu 'sinfonia', yang memiliki arti simfoni dalam bahasa Indonesia. 'Sinfoni Dalam Keterbatasan' secara metaforis menggambarkan kekuatan dan keindahan yang ada dalam keterbatasan anak-anak berkebutuhan khusus," ucap Romima dalam rilis pers yang diterima, Senin (18/12/2023).

Baca Juga

Dia mengatakan Sinfoni melambangkan kolaborasi yang harmonis antara berbagai keunikan dan potensi anak-anak untuk menciptakan sesuatu yang istimewa dan luar biasa. Tercatat ada 100 karya seni yang dipamerkan antara lain berupa 73 lukisan akrilik dan 23 desain grafis. Seluruhnya merupakan buah tangan dari anak-anak berkebutuhan khusus binaan dari Filoksenia, Sekolah Cita Buana, dan Bina Nusantara (Binus) Center.

Bersamaan dengan pameran, digelar pula lokakarya yang dihadiri sejumlah pembicara, di antaranya Head Of Special Education Sekolah Cita Buana, Nouf Zahra Anastasia dan Adrian Soebiantoro selaku Design Director Yayasan Griya Filoksenia Kreatif. Selanjutnya, pemerhati anak-anak berkebutuhan khusus Happy Putro Wibowo dan Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin yang diwakili oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Jakarta Selatan Khabib Asyari.

Dalam lokakarya tersebut diulas tentang pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus, berbagi pengalaman para guru serta orang tua anak berkebutuhan khusus. "Selain itu, kami menghadirkan empat orang anak berkebutuhan khusus yang menginspirasi yakni Calli, Claire, Arra, dan Fikri yang kini sudah bekerja sebagai graphic designer di Yayasan Griya Filoksenia Kreatif," ujar Romima.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement