Senin 18 Dec 2023 11:49 WIB

Israel Kubur Warga Hidup-Hidup, Alquran Ungkap Perilaku Yahudi kepada Nabi Mereka

Allah SWT melaknat bangsa Yahudi yang membunuh nabi mereka

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Orang Yahudi dan bendera AS.ilustrasi Allah SWT melaknat bangsa Yahudi yang membunuh nabi mereka
Foto: nleresource.com
Orang Yahudi dan bendera AS.ilustrasi Allah SWT melaknat bangsa Yahudi yang membunuh nabi mereka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam Alquran telah diceritakan tentang kekejaman kaum Yahudi pada masa lalu, yaitu mereka dengan keji membunuh nabi yang diutus ke meraka. 

Jika membunuh nabi saja mereka bisa, apalagi warga biasa seperti yang terjadi di jalur Gaza sekarang ini. Dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 87, Allah SWT berfirman:

Baca Juga

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا مُوْسَى الْكِتٰبَ وَقَفَّيْنَا مِن بَعْدِهٖ بِالرُّسُلِ وَاٰتَيْنَا عِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ الْبَيِّنٰتِ وَاَيَّدْنٰهُ بِرُوْحِ الْقُدُسِ اَفَكُلَّمَا جَاۤءَكُمْ رَسُوْلٌ بِمَا لَا تَهْوٰىٓ اَنْفُسُكُمُ اسْتَكْبَرْتُمْ فَفَرِيْقًا كَذَّبْتُمْ وَفَرِيْقًا تَقْتُلُوْنَ

Artinya: "Sungguh, Kami benar-benar telah menganugerahkan Kitab (Taurat) kepada Musa dan Kami menyusulkan setelahnya rasul-rasul. Kami juga telah menganugerahkan kepada Isa, putra Maryam, bukti-bukti kebenaran, serta Kami perkuat dia dengan Ruhulkudus (Jibril). Mengapa setiap kali rasul datang kepadamu (membawa) sesuatu (pelajaran) yang tidak kamu inginkan, kamu menyombongkan diri? Lalu, sebagian(-nya) kamu dustakan dan sebagian (yang lain) kamu bunuh?" 

Dalam Tafsir Tahilili Alquran Kemenag dijelaskan, bahwa Allah SWT telah menurunkan Taurat kepada Nabi Musa As, kemudian Allah SWT mengutus sesudahnya beberapa orang rasul yang datang silih berganti. 

Maka, setiap waktu selalu ada rasul yang menyampaikan agama Allah SWT. Dengan demikian tidak ada alasan bagi mereka untuk melupakannya, mengganti atau mengubah peraturan-peraturan yang telah ditetapkan Allah SWT. 

Sesudah itu Allah SWT menyebutkan Nabi Isa As dalam ayat ini secara khusus di antara para rasul itu, dan menerangkan bahwa dia telah diberi mukjizat yang dapat membuktikan kebenaran kenabiannya. Kemudian Allah SWT menyebutkan pula bahwa Isa As telah diberi wahyu serta diperkuat dengan Rohulkudus (Jibril As), dan ketinggian akhlak. 

Baca juga: Baca Dzikir Ini Hadapi Cobaan dan Fitnah Berat, Diajarkan Rasulullah SAW dan Para Nabi

Kemudian, di dalam ayat tersebut Allah SWT menjelaskan sikap orang-orang Yahudi, bahwa apabila datang utusan Allah SWT dengan membawa peraturan, yang tidak sesuai dengan kehendak hawa nafsu mereka, mereka bersikap sombong dan congkak terhadap utusan itu dengan cara berbuat sewenang-wenang dan berbuat keji di bumi, lalu sebagian dari para rasul itu mereka dustakan, seperti Nabi Isa dan Nabi Muhammad, dan sebagian lagi mereka bunuh seperti Nabi Zakaria dan Nabi Yahya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement