Senin 18 Dec 2023 17:12 WIB

Jelang Liburan Akhir Tahun, Hati-Hati Makan Berlebihan, Ini Cara Menghindarinya

Ketika menikmati momen liburam, pola makan seseorang sering tidak terkendali.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Seorang wanita makan berlebihan (ilustrasi). Ketika berlibur, pola makan seseorang sering kali tidak terkendali.
Foto: Dok. Freepik
Seorang wanita makan berlebihan (ilustrasi). Ketika berlibur, pola makan seseorang sering kali tidak terkendali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang liburan akhir tahun, setelah bekerja hampir selama setahun, saatnya melepas penat dengan berlibur bersama teman, keluarga, atau pasangan. Biasanya ketika berlibur, pola makan seseorang sering kali tidak terkendali dengan menyantap makanan mengandung kalori tinggi dan banyak gula.

Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife, Susan Bowerman mengatakan makanan ringan berkalori tinggi dapat memengaruhi tingkat energi Anda. Dosis gula dapat memengaruhi gula darah melonjak tinggi, tetapi untuk turun dengan cepat dan efek gula naik turun ini sering kali menyebabkan keinginan lebih banyak gula. 

Baca Juga

“Jadi, penting untuk mengatur kebiasaan sehat selama musim libur akhir tahun ini untuk membantu mengendalikan keinginan makan manis sebelum menjadi sulit dikendalikan sepanjang tahun,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Senin (18/12/2023).

Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk lebih baik menghadapi makanan pada liburan akhir tahun:

1. Puaskan keinginan manis

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan Anda memilih buah segar atau sayuran daripada semangkuk permen. Cobalah buah segar dengan yogurt yang mengandung tinggi protein, atau segenggam trail mix yang terbuat dari kacang dan buah kering.

Seperti buah beri juga merupakan pengganti gula yang baik karena mereka manis, lezat, dan mudah dimakan. Mengisi perut dengan makanan bergizi ini sebelum menghadiri suatu acara juga dapat membantu menghindari konsumsi berlebihan seperti permen dan camilan, banyak di antaranya mengandung banyak gula, lemak, dan kalori yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

2. Makan dengan penuh perhatian

Bagi banyak dari kita, libur akhir tahun yang penuh stres di mana kita akan makan saat dalam perjalanan atau saat mencicipi hidangan di atas meja. Ingatlah untuk makan dengan lambat, dibutuhkan setidaknya 20 menit bagi otak Anda untuk memberi tahu bahwa Anda sudah kenyang, setidaknya luangkan waktu untuk memikirkan apa yang Anda makan.

3. Hindari gula

Bagi mereka yang memiliki keinginan makanan manis yang besar, mungkin lebih baik menyimpan permen di luar pandangan dan di luar pikiran. Anda juga dapat memberikan kepada tamu sisa permen dan camilan liburan atau membekukannya untuk lain waktu.

4. Meluangkan waktu untuk berolahraga

Pagi hari dan sore hari adalah "waktu lengah" di mana Anda menginginkan camilan tidak sehat untuk mendapatkan tambahan gula. Alih-alih meraih camilan, cobalah untuk mengalihkan perhatian dengan pergi ke luar untuk udara segar yang menyegarkan dan sedikit kardio. 

"Olahraga mengirimkan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh dan membantu sistem kardiovaskular bekerja lebih efisien dan, kemungkinan besar, Anda akan melupakan semua keinginan gula itu," ujarnya.

5. Tetap pada rencana

Pertimbangkan pola harian yang biasa, dan kapan biasanya Anda makan makanan ringan. Jika makanan ringan di pagi hari bukan bagian dari rutinitas harian, seharusnya Anda tidak mencari permen pada pukul 10 pagi. Pastikan makanan dan camilan Anda mengandung banyak protein yang dapat mengurangi rasa lapar, dan jangan biarkan diri menjadi dehidrasi.

6. Utamakan tidur

Menghadiri banyak pertemuan sosial dapat mengurangi waktu tidur. Kehilangan tidur dapat membuat lebih sulit untuk mengatur gula darah. Ketika kekurangan tidur, Anda mungkin cenderung makan lebih banyak dengan makanan tinggi lemak dan gula. Upayakan setidaknya 7 jam setiap malam untuk melindungi diri dari makan secara tidak sadar.

7. Jangan jadikan ini kebiasaan

Beberapa potongan kue atau makanan manis saat liburan pada satu atau dua pesta bukan akhir dunia. Namun jangan biarkan itu menjadi kebiasaan. Mengonsumsi 100 kalori ekstra sehari di atas kebutuhan Anda dapat berarti penambahan berat badan sepuluh pon selama setahun. Tetaplah berada dalam kendali dan Anda akan memiliki musim liburan yang lebih bahagia dan sehat.

“Meskipun kelebihan makanan manis bisa menjadi tantangan bagi kebanyakan orang selama musim liburan, membekali diri dengan beberapa strategi akan membantu Anda mempertahankan kendali dan mencegah penambahan berat badan. Selain itu, menerapkan strategi ini sepanjang tahun dapat mengarah pada hubungan yang lebih baik dengan gula dan kesehatan secara keseluruhan,” ujar Susan. 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَبِمَا نَقْضِهِمْ مِّيْثَاقَهُمْ لَعَنّٰهُمْ وَجَعَلْنَا قُلُوْبَهُمْ قٰسِيَةً ۚ يُحَرِّفُوْنَ الْكَلِمَ عَنْ مَّوَاضِعِهٖۙ وَنَسُوْا حَظًّا مِّمَّا ذُكِّرُوْا بِهٖۚ وَلَا تَزَالُ تَطَّلِعُ عَلٰى خَاۤىِٕنَةٍ مِّنْهُمْ اِلَّا قَلِيْلًا مِّنْهُمْ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاصْفَحْ ۗاِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ
(Tetapi) karena mereka melanggar janjinya, maka Kami melaknat mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka mengubah firman (Allah) dari tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian pesan yang telah diperingatkan kepada mereka. Engkau (Muhammad) senantiasa akan melihat pengkhianatan dari mereka kecuali sekelompok kecil di antara mereka (yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

(QS. Al-Ma'idah ayat 13)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement