Senin 18 Dec 2023 19:32 WIB

Mahasiswa UAD Gelar Pelatihan Medsos untuk Bangun Wisata Unggul Dusun Kemirikebo

Media sosial bisa menjadi platform untuk membangun citra positif desa wisata.

Red: Fernan Rahadi
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar acara Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial dan Pelatihan Editing dengan tema
Foto: dokpri
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar acara Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial dan Pelatihan Editing dengan tema

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN — Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar acara Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial dan Pelatihan Editing dengan tema "Destinasi Digital: Membangun Wisata Unggul di Era Media Sosial" di Dusun Kemirikebo, Kecamatan Turi, Sleman, Sabtu (16/12/2023). Kegiatan ini berhasil menyatukan para pemuda dan pemudi, Komunitas Kemirikebo Downhill, serta sejumlah komunitas petani dan peternak untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam memanfaatkan media sosial.

Media sosial menjadi platform kuat untuk mempromosikan dan membangun citra positif desa wisata. Acara ini diisi oleh Kamila Salsabela, MA selaku dosen Ilmu Komunikasi UAD yang mengajarkan cara efektif memanfaatkan media sosial serta mengasah kemampuan editing untuk memberikan tampilan yang menarik. Desa wisata yang unggul bukan hanya tentang keindahan alam atau potensi pariwisata semata, tetapi juga tentang bagaimana dapat mempresentasikannya secara menarik dan efektif melalui media sosial.

Selain itu, mahasiswa Ilmu Komunikasi UAD juga memberikan panduan praktis dalam penggunaan perangkat lunak editing sederhana. Tujuannya adalah memberdayakan masyarakat setempat untuk menciptakan konten-konten yang menarik dan berkualitas, sehingga dapat meningkatkan daya saing Desa Kemirikebo di dunia maya.

"Kegiatan ini memberikan pemahaman yang sangat berguna dalam pengelolaan media sosial dan juga sebagai sarana promosi yang baik untuk mempromosikan wisata di Dusun Kemirikebo dengan konten yang menarik," kata salah satu peserta acara dari Pemuda Pemudi Kemirikebo, Amel. 

Diharapkan, melalui pelatihan ini, peserta dapat menjadi agen perubahan yang mampu mengangkat potensi desa wisata ke tingkat yang lebih tinggi serta dapat menciptakan strategi dan terobosan baru yang dapat mengubah wajah desa wisata menjadi destinasi yang diminati di dunia maya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement