Senin 18 Dec 2023 21:31 WIB

Jalankan Good Mining Practice, MIND ID Raih Beragam Penghargaan

grup MIND ID yang meraih penghargaan adalah PTBA, PT Timah dan Antam

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID memborong sejumlah penghargaan dari berbagai ajang penilaian yang menunjukkan perusahaan telah menjalankan Good Mining Practice.
Foto: dok MIND ID
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID memborong sejumlah penghargaan dari berbagai ajang penilaian yang menunjukkan perusahaan telah menjalankan Good Mining Practice.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID memborong sejumlah penghargaan dari berbagai ajang penilaian yang menunjukkan perusahaan telah menjalankan Good Mining Practice

Sekretaris Perusahaan BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan, dalam menjalankan kegiatan pertambangan MIND ID telah menganut prinsip good mining practice.

Sehingga, segala yang dilakukan terencana dan pengelolaan tambang dengan memperhatikan semua aspek dari hulu sampai ke hilir agar meminimalisir dampak negatif dan mengoptimalkan ruang dampak positif supaya tambang tersebut memberikan kemanfaatan bagi semua pihak.

Good Mining Practice suatu keharusan yang dilaksanakan MIND ID dalam melakukan kegiatan pertambangan, ketentuan tersebut meliputi perizinan, teknis pertambangan, keselamatan dan kesehatan kerja, lingkungan, keterkaitan hulu sampai hilir, konservasi cadangan, nilai tambah dan pengembangan masyarakat dan wilayah sekitar tambang” kata Heri.

Menurut Heri, praktik Good Mining Practice yang dilakukan pun telah memberi dampak positif bagi grup MIND ID, di sisi lain juga menjadi sorotan berbagai instansi dan lembaga. Hal ini terbukti dengan diraihnya beragam penghargaan oleh MIND ID Grup.

“MIND ID grup telah meraih sejumlah penghargaan, khususnya dari aksi kami dalam memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar wilayah pertambangan,” tuturnya.

Adapun grup MIND ID yang meraih penghargaan adalah PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Timah Tbk dan  PT Aneka Tambang Tbk (Antam).

PTBA, Perusahaan dengan core bisnis penambangan batu bara tersebut meraih setidaknya tiga penghargaan bergengsi pada ajang Indonesia CSR Awards (ICA) 2023 yang diselenggarakan Corporate Forum for CSR Development (CFCD). Ketiga penghargaan yang diterima yaitu Platinum untuk program irigasi pertanian berbasis Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Gold untuk Eco Agrotomation, dan Silver untuk Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) Bokashi.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada perusahaan yang menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) secara berkelanjutan dan mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

“Penghargaan ini merupakan bukti nyata bahwa upaya kami dalam membangun dan menjalankan program CSR telah diakui. Apresiasi ini memberikan semangat baru bagi kami untuk terus berkontribusi bagi masyarakat dan lingkungan,” kata VP Sustainability PTBA, Hartono.

Untuk diketahui, PTBA menjalankan program pembangunan PLTS untuk menghidupkan pompa irigasi pertanian guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah kerja perusahaan. Berkat keberadaan PLTS irigasi, para petani bisa panen hingga tiga kali dalam setahun.

Sementara, komitmen PT Timah Tbk dalam melaksanakan program pemberdayaan masyarakat (PPM) di lingkar tambang turut diapresiasi oleh Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). PT Timah Tbk memboyong penghargaan Kinerja Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM)/Tambang Menyejahterakan Masyarakat (Tamasya) Award 2023 dalam kategori Monitoring dan Evaluasi Program Dengan Melibatkan Multipihak, Periode Penilaian 2022.

Penyerahan penghargaan dan Piala dari kementrian ESDM itu diterima langsung oleh Kepala Divisi CSR PT Timah Tbk Rahmat Taufik, di hotel Bidakara Jakarta, Jumat (8/12/2023) malam. Kegiatan PPM Award ini merupakan agenda Kementerian ESDM atas Penilaian Kinerja tahunan Pelaksanaan Program PPM oleh pemegang IUP/IUPK baik mineral dan batubara di seluruh Indonesia.

“PT Timah Tbk adalah bagian dari masyarakat, tumbuh dan berkembang bersama masyarakat di wilayah operasional perusahaan. Sehingga PT Timah Tbk secara konsisten melakukan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan potensi yang dimiliki masyarakat,” ucap Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk, Abdullah Umar.

Sedangkan, Antam meraih penghargaan pada ajang Human Capital & Performance Awards 2023 yang diselenggarakan oleh Majalah Business News Indonesia pada 29 November 2023 di Jakarta. Antam meraih penghargaan pada kategori The Best Reward and Recognition Strategy 2023 (Mining Industries) dan The Best Employee Engagement Strategy 2023 (Mining Industries).

Pada ajang Human Capital & Performance Award 2023 ini, Antam juga meraih penghargaan pada kategori The Best Human Capital Director of The Year (Mining Industries).

“Perusahaan juga terus bertransformasi dengan beradaptasi pada pemanfaatan teknologi digital dalam pengelolaan sumber daya manusia sehingga seluruh insan Antam bisa lebih agile dalam menjalankan tugasnya. Penghargaan Human Capital & Performance Award 2023 ini merupakan salah satu wujud apresiasi atas komitmen dan upaya Antam dalam mengelola sumber daya manusia di Perusahaan,” kata Direktur Sumber Daya Manusia Antam, Achmad Ardianto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement